Dimensy.id
R17

Mitsubishi Heavy Industries Berhasil Luncurkan Satelit Optical-8 Milik Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 15 Januari 2024, 13:43 WIB
Mitsubishi Heavy Industries Berhasil Luncurkan Satelit Optical-8 Milik Jepang
Mitsubishi Heavy Industries Luncurkan Roket H-IIA ke-48
rmol news logo Tonggak penting eksplorasi luar angkasa kembali dicatatkan Mitsubishi Heavy Industries dengan keberhasilannya meluncurkan roket H-IIA ke-48 yang membawa Satelit Pengumpul Informasi “Optical-8” milik pemerintah Jepang.

Dikembangkan oleh Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA), roket H-IIA memiliki tingkat keberhasilan luar biasa sebesar 97,92 persen, yang semakin menunjukkan keandalan dan kinerjanya.  

Sejak peluncuran perdana pada 2001, roket H-IIA secara konsisten mengirimkan banyak muatan ke luar angkasa, berkontribusi terhadap berbagai upaya dan kemajuan ilmiah.

Meskipun sukses, Jepang berencana mempensiunkan roket H-IIA setelah dua peluncuran lagi, dan menggantinya dengan roket H3 yang menjanjikan peningkatan kemampuan dan efisiensi.  

ISP melaporkan Jumat (12/1), peluncuran uji coba roket H3 kedua akan dilakukan pada 15 Februari mendatang. Ini disebut memiliki arti penting karena merupakan peluang penting bagi JAXA untuk memvalidasi perbaikan yang dilakukan pada kendaraan peluncuran baru.

Keberhasilan uji peluncuran ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan Jepang terhadap roket H3 tetapi juga membuka jalan bagi kemajuan eksplorasi ruang angkasa di masa depan. rmol news logo article

EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA