Dimensy.id
R17

Ilmuwan Ciptakan Kaos Kaki yang Mampu Deteksi Masalah Kesehatan pada Penderita Demensia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 11:44 WIB
Ilmuwan Ciptakan Kaos Kaki yang Mampu Deteksi Masalah Kesehatan pada Penderita Demensia
Smart Socks buatan ilmuan dari Universitas Exeter Inggris/Net
rmol news logo ilmuwan dari Universitas Exeter Inggris berhasil menciptakan kaos kaki canggih untuk membantu penderita demensia mendeteksi masalah kesehatan mereka sedini mungkin.

Penemuan itu diberi nama "Smart Socks", di mana bahan kaos kaki yang digunakan memiliki sensor yang mampu mendeteksi keluhan pasien dan secara otomatis datanya terkirim ke aplikasi handphone yang dimiliki perawat.

Menurut salah satu peneliti bernama Zeke Steer, Smart Socks dapat memberikan informasi meliputi detak jantung, suhu, tingkat keringat, dan gerakan.

"Ini juga akan membantu perawat memantau kondisi pasien tanpa harus selalu berada di sekitarnya. Mereka dapat mendeteksi kondisi pasien sedini mungkin dan mengambil tindakan yang diperlukan," ungkapnya, seperti dikutip dari Sky News pada Senin (28/8).

Steer berharap penemuan ini dapat digunakan tidak hanya oleh penderita demensia, tetapi juga oleh banyak pasien lainnya.

"Saya ingin banyak orang mendapat manfaat dari teknologi ini. Tidak hanya pada pasien demensia, Smart Socks diharapkan bisa juga digunakan untuk  kondisi lain seperti autisme," jelasnya.

Selain memberikan informasi kesehatan, Smart Socks yang telah diuji coba di Garden House Care Home di Bristol itu juga diklaim mampu mencegah stres pada pasien demensia.

Sebelum Smart Socks tercipta, pasien biasanya menggunakan monitor fisiologis yang  dikalungkan di pergelangan tangan. Tetapi itu membuat pasien lebih banyak stres dan alatnya sering dilepas.

Dosen senior ilmu saraf di Universitas Exeter sekaligus pemimpin proyek Smart Socks, Byron Creese mengatakan pihaknya akan mulai  memperluas uji cobanya di jaringan panti jompo di South West.

"Sudah waktunya untuk melakukan studi yang lebih besar mengenai kaus kaki ini di panti jompo. Jadi kami meningkatkan skalanya," ungkapnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA