Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri dan Panglima TNI Tinjau GBK Jelang Misa Paus Fransiskus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 04 September 2024, 18:56 WIB
Kapolri dan Panglima TNI Tinjau GBK Jelang Misa Paus Fransiskus
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau langsung posko operasi Tribrata Jaya, Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Madya tempat Misa Paus Fransiskus pada Rabu (4/9)/Humas Polri
rmol news logo Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau langsung posko operasi Tribrata Jaya, Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Madya pada Rabu (4/9).

Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan pengamanan Misa Agung oleh Paus Fransiskus yang akan diselenggarakan pada Kamis besok (5/9).

Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran TNI-Polri untuk memastikan warga yang mengikuti Misa terlayani dengan baik.  

"Kami dengan Pak Panglima ingin memastikan seluruh rangkaian kesiapan pengamanan khususnya terkait dengan kegiatan puncak yang akan dilaksanakan pada esok sore, ini betul-betul bisa terselenggara dengan baik. Karena berdasarkan informasi dari panitia sampai saat ini kurang lebih 87 ribu yang akan hadir. Di luar massa cair yang tentunya semuanya harus bisa terlayani dengan baik," kata Sigit. 

Maka dari itu, kepada jajarannya, Sigit memastikan pola pengamanan dan pelayanan terhadap seluruh umat, bisa berjalan dengan baik. 

"Karena itu kita ingin memastikan dari sisi pengamanan, dari sisi pelayanan terhadap kegiatan Jemaat. Bagaimana proses penjemputan dan juga pengaturan parkir, rekayasa lalu lintas yang harus dilaksanakan," jelasnya. 

Sigit juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat, bahwa pihaknya akan melakukan pengaturan rekayasa lalu lintas di sejumlah tempat. 

Dengan adanya rekayasa lalin tersebut, Sigit menyebut akan ada potensi kemacetan.

Oleh karena itu, ia meminta kepada jajaran Polisi Lalu Lintas (Polantas), agar bisa menyosialisasikan terkait dengan kebijakan tersebut. 

"Karena itu, kami sudah minta kepada jajaran lalu lintas, khususnya menginformasikan ke masyarakat tentang rute alternatif yang bisa digunakan selama proses kegiatan Misa. Dan tentunya kami berterima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat terhadap kegiatan ini. Kita harap ini menjadi simbol toleransi Indonesia dan kita harus jaga sama-sama," jelasnya lagi.

Bagi umat yang hadir, petugas keamanan bakal melakukan pengecekan dan mereka yang diperbolehkan masuk setelah melakukan pendaftaran serta diberikan gelang khusus. 

"Saat masuknya tetap kita akan melaksanakan pemeriksaan, kita pastikan semua dalam kondisi betul-betul sudah aman. Baik bagi pengunjung atau pengikut Misa yang lain, dan utamanya bagi Paus Fransiskus dan tim," tutur Sigit. 

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan, pengamanan bakal dibagi menjadi tiga ring.

Sebab, jumlah personel TNI-Polri yang akan dikerahkan sebanyak 9 ribu. 

"Ring 1 dari Paspampres, ring 2 dari TNI, ring 3 Polri. Jumlahnya 9 ribu. Terbagi di beberapa tempat yang akan didatangi oleh Paus Fransiskus," pungkas Agus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA