Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Ingatkan Ancaman Siber Ganggu Proses Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Rabu, 04 September 2024, 16:54 WIB
Bawaslu Ingatkan Ancaman Siber Ganggu Proses Demokrasi
Anggota Bawaslu RI Puadi/Ist
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu) RI menyoroti pentingnya penguatan keamanan siber dalam konteks penyelenggaraan pemilu, mengingat semakin meningkatnya ancaman siber yang dapat mengganggu proses demokrasi. 

Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu RI Puadi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data dan Informasi Tahun 2024 dengan tema "Penguatan Keamanan Siber dan Keterbukaan Informasi" di Hotel Novotel, Tangerang, Rabu (4/8).

"Keamanan siber bukan lagi menjadi pilihan, tetapi merupakan keharusan dalam memastikan integritas dan transparansi data pemilu," kata Puadi yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi.

Menurut Puadi, Bawaslu berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan sistem informasi, sekaligus menjamin keterbukaan informasi kepada publik.

Lebih lanjut, Puadi juga menekankan bahwa keterbukaan informasi adalah kunci utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap proses pemilu.

"Transparansi adalah fondasi dari demokrasi yang sehat. Melalui keterbukaan informasi, kita dapat mencegah berbagai bentuk disinformasi dan misinformasi yang dapat merusak kredibilitas pemilu," kata Pemilu.rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA