Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Latihan Pra-Ops Tribrata Jaya, Polri Siap Amankan Kunjungan Paus Fransiskus dan ISF

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 28 Agustus 2024, 14:27 WIB
Gelar Latihan Pra-Ops Tribrata Jaya, Polri Siap Amankan Kunjungan Paus Fransiskus dan ISF
Kaops Tribrata Jaya 2024 Komjen Imam Widodo saat memimpin latihan pra-Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Internasional Sustainability Forum (ISF) 2024 di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (28/8)/Dok Humas Polri
rmol news logo Polri menggelar latihan pra-Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan Internasional Sustainability Forum (ISF) tahun 2024 di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (28/8).
HUT 79 RI

Kaops Tribrata Jaya 2024, Komjen Imam Widodo mengatakan, latihan ini dilakukan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak, serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel Polri yang bertugas selama kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability (ISF) 2024.

"Latihan praoperasi pengamanan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman terkait dengan SOP dan cara bertindak di lapangan. Oleh karena itu saya ingin seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini secara serius sehingga memahami dan mempedomani arahan dan atensi dari instruktur ataupun pimpinan," kata Imam dalam keterangan resminya, Rabu (28/8).

Imam yang saat ini menjabat Dankorbrimob Polri ini menambahkan, beberapa hal yang dibahas dalam latihan pra-Operasi Tribrata Jaya 2024 di antaranya deteksi dini dan cegah dini, serta perkiraan kerawanan menjelang dan selama operasi.

"Lalu ada juga peraturan penjagaan, pengawalan, patroli rekayasa lalu lintas dan pengendalian arus lalu lintas," tutur Imam.

Selain venue pusat kegiatan, Polri juga akan melakukan pengamanan hotel, tempat rekreasi, tempat hiburan, dan pengamanan objek vital.

Lalu ada juga penyelidikan dan penyidikan terhadap ancaman gangguan kamtibmas sebelum dan selama operasi.

"Dibahas juga taktis dan teknis penanganan awal terhadap bahan peledak dan penanggulangan terorisme dalam rangka Operasi Tribrata Jaya 2024," papar Imam.

Imam memastikan peran Polri sangat penting sebagai salah satu lini depan dalam mengawal dan mengamankan rangkaian kegiatan kunjungan Paus Fransiskus dan International Sustainability Forum (ISF) 2024 untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan kepada para kepala negara/delegasi yang akan hadir dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

Pimpinan Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, akan mengunjungi Indonesia pada 3-6 September 2024. Dalam waktu yang bersamaan juga digelar kegiatan ISF. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA