Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korlantas: Pelabuhan Ciwandan Alternatif Penyeberangan Mudik ke Sumatera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 06 Maret 2023, 22:07 WIB
Korlantas: Pelabuhan Ciwandan Alternatif Penyeberangan Mudik ke Sumatera
Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama stakeholder terkait, saat melakukan survei jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten/Ist
rmol news logo Tidak hanya jalur darat, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga pastikan moda transportasi laut dapat beroperasi maksimal selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Begitu dikatakan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama stakeholder terkait, saat melakukan survei jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin (6/3).

Irjen Firman Shantyabudi mengungkapkan, Pelabuhan Ciwandan nantinya akan ikut membantu mengurangi beban penumpukan pemudik yang hendak berangkat ke Sumatera. Sehingga, tidak menumpuk di Pelabuhan Merak.

"(Pelabuhan) Ciwandan itu akan membuat daya tampung perjalanan dari Banten ke Sumatera akan meningkat dari sebelumnya," kata Firman.

Selain pelabuhan, Firman juga meninjau kesiapan jalur mudik dan rest area yang berada di wilayah hukum Polda Banten. Dia menjelaskan, beberapa skema arus lalu lintas di dalam rest area.

"Semaksimal mungkin personel bekerjasama dengan instansi terkait untuk meminimalisir penumpukan kendaraan di dalam rest area agar tidak menimbulkan kemacetan di jalan tol efek dari penumpukan kendaraan," tuturnya.

Dia berharap, dengan adanya peninjauan kesiapan jalur mudik ini, masyarakat Banten yang nantinya akan mudik bisa melakukan perjalanannya dengan aman dan selamat sampai tujuan.

Adapun Firman dan rombongan sempat meninjau rest area 43 A arah Merak, rest area 68 A arah Merak. Kemudian survei di Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, lalu mengecek jalur di KM 97 arah Merak.

Turut hadir Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Ahmad Purwantono, Direktur Komersil dan Pelayanan PT ASDP Tangerang-Merak Yusuf hadi, Direktur Lalu Lintas Kementrian Perhubungan Cucu Mulyana, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo, pejabat utama Ditlantas Polda Banten dan instansi terkait. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA