Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas Tinjau Ruas Tol Jakarta-Semarang Jelang Operasi Ketupat 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 24 Februari 2023, 11:37 WIB
Kakorlantas Tinjau Ruas Tol Jakarta-Semarang Jelang Operasi Ketupat 2023
Rombongan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat meninjau ruas Tol Jakarta-Semarang/Ist
rmol news logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri lakukan matangkan persiapan dini pada ruas jalan jelang Operasi Ketupat 2023, menyambut arus mudik Idul Fitri. Survei awal, dilakukan di jalur mudik Tol Jakarta-Semarang, Jawa Tengah.

Pada survei itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama stakeholder mengunjungi Command Center Km 29 dan menuju guna meninjau Km 47 untuk penerapan one way nantinya. Pengecekan juga dilakukan di Rest Area Km 57 untuk meninjau kantong parkir.  Perjalanan dilanjutkan menuju Pospol Cikopo, Jawa Barat.

Irjen Firman dengan mengendarai mobil sendiri, melanjutkan perjalanan dari pintu tol Tegal hingga Pospol Kalikangkung, Semarang.

Menurutnya, ruas jalur Tol Jakarta-Semarang sudah siap untuk digunakan dalam masa mudik. Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang mesti diselesaikan sebelum hari raya berlangsung.
"Kami melihat kesiapan-kesiapan yang selama ini menjadi catatan ketika pantauan arus mudik bahwa pengelola jalan tol secara jelas sudah menggambarkan kesiapan, namun beberapa pekerjaan memang masih dikerjakan," ujar Firman, dalam keterangannya, Jumat (24/2).

Firman mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman, dapat memastikan dalam keadaan yang prima. Pemudik diminta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua dan disarankan beralih ke moda transportasi lainnya demi keselamatan selama di perjalanan.

"Secara umum kita berharap tentunya masyarakat harus tetap bugar pada saat melaksanakan mudik, siapkan kendaraannya, dan kami masih tetap mengimbau untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua,"ujarnya.

Ia juga memberi atensi kepada para pemudik yang hendak memasuki rest area. Pasalnya, rest area kerap menjadi titik penyumbatan sebelum kendaraan kembali masuk ke jalur tol.

"Harapan kita masyarakat bisa kita layani dengan masuk dulu ke dalam baru fasilitas rest area jadi tidak menunggu di depan pintunya ini sumbatan yang mengakibatkan tumpah ke jalan ini yang menghambat," demikian Firman.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengungkapkan bahwa volume kendaraan pada arus mudik lebaran tahun ini diprediksi akan meningkat, seiring dengan kebijakan PPKM telah dicabut oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita optimis menghadapi arus mudik besar yang akan berjalan dengan baik, memang perkiraan ada peningkatan volume arus kendaraan untuk gelaran mudik," pungkasnya.

Korlantas Polri dan stakeholder akan kembali melanjutkan peninjauan jalur mudik Surabaya, setelah sebelumnya pengecekan jalur mudik telah dilakukan di jalur Pantai Selatan (Pansela) dan arteri Pantai Utara (Pantura). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA