Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tips Aman Mudik, Kakorlantas Sarankan Masyarakat Tetap Menggunakan Kendaraan Roda Empat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 21 Januari 2023, 23:09 WIB
Tips Aman Mudik, Kakorlantas Sarankan Masyarakat Tetap Menggunakan Kendaraan Roda Empat
Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat meninjau jalur Pansela di wilayah Yogyakarta/Ist
rmol news logo Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama Kementerian Perhubungan dan instansi terkait melakukan kegiatan peninjauan lalur Pantai Selatan (Pansela).

Kepada masyarakat yang akan mudik melalui jalur Pansela, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi membagikan tips agar aman selama berkendaraan dan terhindar dari kecelakaan.

"Pertama diatur waktu berangkatnya supaya bisa santai menikmati jalanan jalur pansela, sepanjang perjalanann juga terdapat tempat-tempat singgah, tempat makan, yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak," ujar Irjen Firman di Jembatan Kretek dua, Kulon Progo, Yogjakarta, Sabtu (21/1).

Firman menuturkan, kunci perjalanan aman adalah kondisi yang prima bagi pengemudi. Hal ini, akan membuat konsentrasi fokus, dengan begitu potensi kecelakaan akan terminimalisir.

"Kalau sudah di jalan raya itu tidak boleh lengah, intinya kalau kita berbicara tentang keselamatan di jalan semua tentang dalam kondisi siaga makannya kenapa orang harus sehat kalau sudah di jalan," terangnya.

Selain itu, Firman menyarankan agar masyarakat yang akan mudik melalui jalur pansela untuk menggunakan kendaraan roda empat, pengendara juga diminta untuk memeriksakan kondisi kendaraan terlebih dahulu agar layak jalan.

"Kami juga mengimbau kalau bisa jangan pakai kendaraan roda dua, tetap menggunakam kendaraan roda empat saat mudik , kendaraan roda dua bisa dititipkan ke truk, angkutan laut, kereta api seperti pada tahun sebelumnya," pungkasnya.

Peninjauan jalur pansela hari yang merupakan hari ketiga ini, dimulai dari Pangandaran menuju Kalipucang, Kawunganten, Cilacap, Karangbolong, Kebumen, Kulonprogo, dan berakhir di Yogjakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA