Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kakorlantas: Jalur Mudik Bukan Sekadar Cepat Sampai Tujuan, tapi Cara Menikmati Perjalanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 20 Januari 2023, 21:32 WIB
Kakorlantas: Jalur Mudik Bukan Sekadar Cepat Sampai Tujuan, tapi Cara Menikmati Perjalanan
Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi objek wisata Karangpotong Ocean View di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat/Ist
rmol news logo Masyarakat harus tetap hati-hati di jalan saat melakukan perjalanan mudik pada lebaran nanti. Terutama, bagi penguna jalur alternatif yang relatif lebih sepi daripada jalur utama.

Begitu pesan Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi saat meninjau jalur lintas pantai selatan atau Pansela dalam persiapan Operasi Ketupat 2023. Pada tinjauan itu, dia didampingi Dirjen Hubdar Kemenhub Hendro Sugiatno, dan stakeholder terkait.

Pada perjalanan itu, Irjen Firman berserta rombongan sempat mengunjungi objek wisata Karangpotong Ocean View di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat yang berada di jalur Pansela.

"Kami tidak menggunakan pendekatan percepatan di sini untuk sampai di tujuan, tetapi lebih kepada menikmati jalur pantai selatan waktu yang direncanakan bisa tiba di tujuan masing-masing," ujar Firman usai menikmati perjalanan, Jumat (20/1)

Karena jalanan yang tidak begitu luas, Firman meminta pemudik yang akan melewati jalur ini untuk berhati-hati berkonsentrasi saat berkendara.

"Jalannya tidak begitu lebar, masyarakat betul-betul harus waspada ketika sedang berpapasan dengan kendaraan lainnya itu penting artinya konsentrasi," katanya.

Firman juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di jalur mudi, untuk tidak melakukan kegiatan yang akan menyebabkan kemacetan di jalan saat mudik lebaran nanti.

"Harapan kita tentunya tidak ada tambahan yang jadi faktor penghambat, contohnya kendaraan parkir yang dipinggir jalan kemudian pasar-pasar tumpah dipinggir jalan dan lainnya," ungkasnya.

Rute peninjauan yang merupakan hari kedia ini, di mulai dari Pelabuhan Ratu menuju Djampang Kulon, Jembatan Cibuni Sindangbarang, Cidaun, Jembatan Cilaki, Cikelet, Cilauteureun, Pameungpeuk, Sancang, Jembatan Cikaengan, Cipatujah, Cikalong, Sindangsari, Cijulang, Cikangkung, dan berakhir di Pangandaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA