Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Bawa 90 Ton BBM Ilegal, Kapal Motor Berbendera Asing Diamankan Bakamla di Perairan Sekuang Batam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 28 Agustus 2022, 05:24 WIB
Diduga Bawa 90 Ton BBM Ilegal, Kapal Motor Berbendera Asing Diamankan Bakamla di Perairan Sekuang Batam
Bakamla tangkap kapal motor yang diduga akan menyelundupkan BBM ilegal/Ist
rmol news logo Bakamla RI melalui unsur KN Marore-322 telah mengamankan kapal Motor Tanker (MT) Blue Star 08 berbendera Equator Guinea. Kapal ini diduga menyelundupkan bahan bakar minyak ilegal jenis High Speed Diesel (HSD) di perairan Sekuang Batam, Jumat malam (26/8).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

MT Blue Star 08 diamankan KN Marore-322 saat melaksanakan Patroli Bersama Keamanan dan Keselamatan Laut "Arkana I/22" di perairan Batam.

Di bawah komando Letkol Bakamla Yuli Eko Prihartanto, KN Marore-322  mendeteksi sebuah tanker yang mencurigakan. Guna memastikan, komandan kapal memerintahkan untuk menerjunkan tim VBSS menggunakan RHIB melaksanakan pengejaran dan pemeriksaan.

Pada pukul 16.06 WIB di posisi 01° 14’ 30” U - 104° 59’ 12” T, Tim VBSS KN Marore-322 pun melaksanakan pemeriksaan. Hasilnya, didapati kapal tersebut membawa 90 ton HSD tanpa dilengkapi dokumen yang sesuai, tidak terdapat manifest, tidak terdapat bill of ladding, tidak terdapat manning certificate, tujuan kapal tidak sesuai dengan port clearence.

Hasil pemeriksaan awal MT Blue Star 08 melanggar tindak pidana Minyak dan Gas.

Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut, Komandan KN Marore-322 Letkol Bakamla Yuli Eko Prihartanto memerintahkan MT Blue Star 08 ditangkap dan dikawal menuju pangkalan Batam. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA