Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mudik Lebaran 2022 Lancar, Kakorlantas: Karena Pemudik Lebih Bugar dan Pemerintah Siap Melayani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 18 Mei 2022, 20:17 WIB
Mudik Lebaran 2022 Lancar, Kakorlantas: Karena Pemudik Lebih Bugar dan Pemerintah Siap Melayani
Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi/Ist
rmol news logo Arus mudik dan arus balik Idulfitri 1443 Hijriah ini telah berakhir dan sesuai dengan target pemerintah yakni terjadinya kelancaran dan kenyamanan kepada pemudik.

Dikatakan Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Firman Shantyabudi, hal itu dikarenakan masyarakat telah siap melakukan mudik dan arus balik pada lebaran. Di sisi lain, pemerintah pun telah mempersiapkan konsep arus mudik dan balik tersebut.

“Masyarakat lebih bugar, dia lebih aware, lebih siaga dan itu sangat mempengaruhi perilaku di jalan,” kata Firman di Jakarta, Rabu (18/5).

Firman mengaku telah mengimbau agar pemudik menggunkan fasilitas umum. Menurutnya hal itu telah dilakukan pemudik dengan terlihat berkurangnya pemudik dengan menggunakan kendaraan bermotor yang berpengaruh pada kelancaran dan berkurangnya angka kecelakaan.

“Itu artinya saya melihat kesadaran masyarakat, kita sampaikan untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik, mungkin ada juga yang didengar oleh mereka. Itu jauh lebih aman,” ungkapnya.

Firman mengakui adanya kekhawatiran Presiden Joko Widodo, DPR dan seluruh masyarakat Indonesia terkait dengan kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun 2022 ini. Sebab, di tahun-tahun sebelumnya mudik lebaran sempat dilarang karena situasi pandemi Covid-19.

Namun, Firman menyatakan pihaknya telah bersikap humanis dan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada pemudik, baik dalam kelancaran maupun kenyamanan dan kemanan berkendara dalam arus mudik dan arus balik.

“Saya hanya menyampaikan bahwa kami bermula dari hasil survei, belajar dari masalah yang kami hadapi, dan belajar dari masukan serta harapn-harapan. Kalau boleh dikatakan pemerintah jauh lebih siap, tapi keterlibatan masyarakat juga harus tetap kita libatkan,” tuturnya.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terkait dalam Operasi Ketupat 2022. Sinergitas semua elemen itu telah membuahkan hasil dengan menurunya angka kemacetan sehingga kenyamanan dapat diraih oleh pemudik.

“Kita apresiasi, menyampaikan pengghargaan yang luar biasa kepada anggota karena pimpinan kita semua juga turun ke jalan menyemangati kita. Semoga mereka ikhlas di jalan ibadah, dan mendapatkan yang terbaik dari Yang Maha Kuasa,” pungkasnya. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA