Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ulang Tahun ke-53, Yap Hong Gie dan Lieus Sungkharisma Puji Semangat Pluralitas Anies Baswedan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 07 Mei 2022, 22:56 WIB
Ulang Tahun ke-53, Yap Hong Gie dan Lieus Sungkharisma Puji Semangat Pluralitas Anies Baswedan
Lieus Sungkharisma dan Yap Hong Gie/Ist
rmol news logo Sejumlah tokoh lintas profesi dan agama, memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tengah merayakan ulang tahun yang ke-53. Anies Baswedan lahir pada tanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat.
 
“Selamat kepada Pak Anies. Semoga dengan bertambahnya umur bertambah pula kebijaksaaan dan kepeduliannya pada warga Jakarta yang beliau pimpin,” ujar Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma dalam keterangannya, Sabtu (7/5).
 
Sementara itu, tokoh Tionghoa lainnya Yap Hong Gie, memandang figur Anis Baswedan adalah tokoh pluralis yang kehadirannya telah membawa tidak saja kemajuan bagi warga Jakarta, tapi juga kesejukan dalam kehidupan antar umat beragama.
 
“Selamat ulang tahun Pak Anies. Semoga hal-hal baik yang sudah anda lakukan bisa diteruskan dan manfaatnya bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” katanya.
 
Bagi Lieus dan Hong Gie, selama memimpin Jakarta Anies tidak saja berhasil membangun Jakarta menjadi kota metropolitan layak huni setara dengan kota-kota besar lainnya di dunia. Tetapi, juga berhasil merekatkan kembali simpul-simpul kehidupan bermasyarakat yang sempat terputus.
 
“Itu bisa dilihat dari sejumlah penghargaan yang sudah diraih Anies Baswedan selama memimpin Jakarta. Selain itu, Pak Anies juga telah berhasil mengembalikan kehidupan bertoleransi pada makna yang sebenarnya. Itu dibuktikan salah satunya dengan kehadirannya meresmikan sejumlah rumah ibadah yang ada di Jakarta. Tidak hanya masjid, tapi juga gereja, vihara  pula,” ujar Lieus.
 
Sejak tahun 2017 Anies memang tidak kenal henti menunjukkan kepeduliannya pada tempat ibadah warga Jakarta. Tahun 2017, dia meresmikan gedung gereja HKBP Semper di Cilincing, Jakarta Utara. Tahun 2021 Anies juga meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat.
 
“Jadi terbantahkan anggapan yang selalu menyudutkan kalau Anies Baswedan akan membangun Jakarta sebagai kota hanya untuk umat Islam,” kata Hong Gie.
 
Selain itu, lanjut Hong Gie, Anies juga mendukung revitalisasi Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta Barat dan meresmikan pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri Jakarta Utara dan banyak lagi yang lainnya.
 
Dengan sejumlah fakta itu saja, baik Lieus Sungkharisma maupun Yap Hong Gie menyebut, sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies sudah cukup syarat untuk disebut tokoh pluralis dan perekat toleransi beragama.
 
“Apa yang sudah dilakukan Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, telah mematahkan hoax yang terus menerus disebarluaskan oleh orang-orang yang tak menyukainya,” tegas Hong Gie.
 
Di tlang tahun yang ke-53 ini, kedua tokoh itupun berharap Anies tetap diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa agar dapat terus bersumbangsih untuk bangsa dan negaranya.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA