Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mengenal Michael Phelp, Perenang Legendaris AS dengan Medali Emas Terbanyak dalam Sejarah Olimpiade

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 07:36 WIB
Mengenal Michael Phelp, Perenang Legendaris AS  dengan Medali Emas Terbanyak dalam Sejarah Olimpiade
Raja kolam olimpiade asal Amerika, Michael Phelps/Net
rmol news logo Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 baru saja usai. Di cabang renang, nama perenang Australia Emma McKeon melangit sebagai atlet yang memborong 7 medali dalam satu olimpiade. Ini mengingatkan kita kepada atlet renang paling fenomenal, Michael Phelps.

McKeon memang telah mengukir sejarah baru. Sejauh ini belum ada perenang putri yang membuat pencapaian setinggi itu. Sedangkan Phelp, atlet renang asal Amerika Serikat merupakan satu-satunya atlet renang pria yang dalam sejarah karirnya memiliki total medali emas terbanyak hingga saat ini.

Phelp memang sudah tidak turun lagi ke kolam. Ia mengakhiri karirnya usai pada Olimpiade Rio 2016. Di Rio, Phelp berhasil menggondol 4 medali emas untuk renang putra. Bahkan, dalam nomor estafet 4x100 meter itu ia berhasil mencetak rekor baru Olympiade dengan tiga menit 27,95 detik.

Di Olimpiade Rio 2016 ini pula MvKeon juga ikut bertanding dan mengantongi 4 medali (dengan 1 emas) untuk renang putri.  

Phelp yang lahir di Baltimore pada 30 Juni 1985, adalah satu-satunya atlet yang mengumpulkan 28 medali Olimpiade sepanjang karirnya dengan 23 di antaranya adalah emas.

Phel dibesarkan oleh ibunya, Deborah, bersama saudara perempuannya Hilary dan Whitney, setelah orangtuanya bercerai. Ia mulai menyukai renang sejak kecil. Menilik catatan laman Team USA, disebutkan bahwa pada usia 10 tahun Phelps berhasil mencetak rekor di Amerika Serikat dengan menjadi perenang tecepat untuk anak-anak seusianya lewat gaya kupu-kupu 100m.

Phelp kemudian serius menekuni olahraga renang sebagai karirnya ketika ia mengikuti Olimpiade Sidney 2000. Saat itu ia adalah perenang termuda dari tim AS selama 68 tahun Olimpiade!

Medali pertama Phelp, perunggu, diraihnya saat Olimpiade Athena tahun 2004. Phelp mulai akrab sebagai pemecah rekor dunia sejak 2006.

Usai Olimpiade 2016, Phelps memutuskan pensiun. Ia menjalani hari-harinya dengan lebih baik bersama istrinya, Nicole, dan dua anaknya. Selain menjadi pelatih, Phelp juga sibuk mengurus Michael Phelps Foundation.

Lain halnya dengan McKeon yang masih terus berlaga untuk masa-masa mendatang. Atlet kelahiran New South Wales 24 Mei 1994 itu saat ini disebut sebagai atlet dengan medali terbanyak dalam sejarah Australia dengan total 11 medali sepanjang karirnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA