Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kasus Harian Tembus 40 Ribu, Pemerintah Jalankan Skenario Terburuk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 13 Juli 2021, 07:43 WIB
Kasus Harian Tembus 40 Ribu, Pemerintah Jalankan Skenario Terburuk
Pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19/Net
rmol news logo Pemerintah sudah mulai menjalankan skenario terburuk dalam menghadapi sebaran Covid-19 yang mengganas sebulan terakhir.

Skenario terburuk merupakan bagian rencana dari pemerintah saat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM) Darurat. Skenario dijalankan saat lonjakan kasus harian mencapai lebih dari 40 ribu kasus.

Sementara per Senin (12/7), kasus harian tercatat sebanyak 40.427 kasus.

"Skenario ini sudah dipersiapkan dan dijalankan di pekan ini," kata Jurubicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi kepada wartawan, Selasa (13/7).

Skenario darurat yang dimaksud adalah dengan penambahasan kapasitas fasilitas kesehatan. Khususnya penambahan tempat tidur atau bed rumah sakit yang mencapai 40 hingga 50 persen dari kapasitas tempat tidur biasanya.

Selain itu, kata Jodi, pemerintah juga mempersiapkan jumlah pasokan oksigen dan obat-obatan yang lebih banyak.

"Selain itu, TNI juga sudah diminta untuk menyiapkan rumah sakit lapangan di masing-masing Kodam yang dikoordinir oleh Kapuskes TNI bersama Kemenkes," sambungnya.

Pernuataan ini seolah mengamini apa yang disampaikan Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut bahwa skenario terburuk sudah berjalan, melalui penyiapan fasilitas kesehatan di zona merah dalam PPKM Darurat ini. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA