Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenaker Teken MoU Empat Mitra Industri Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 16 Juni 2021, 18:58 WIB
Tingkatkan Kompetensi SDM, Kemenaker Teken MoU Empat Mitra Industri Besar
Kementerian Keteragakerjaan menandatangani MoU dengan empat Mitra Industri/Ist
rmol news logo Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK) bekerja sama dengan dunia usaha dan industri.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti yang dilakukan hari ini, Kemenaker melakukan nota kesepahaman atau MoU dengan PT Sumber Alfaria Tbk (Alfamart), PT Kubota Indonesia, PT Mobil Laku Indonesia (OLX Autos), dan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) di Ruang Tridharma Kemnaker, Jakarta, Rabu (16/6).

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, kerja sama ini bertujuan membekali tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya mengimplementasikan program transformasi BLK untuk meningkatkan kualitas pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia,” jelas Menaker Ida.

Ia menyadari, kesuksesan program ini membutuhkan dukungan seluruh pihak, salah satunya industri sebagai pengguna langsung tenaga kerja yang memahami kompetensi secara riil di lapangan.

Keberadaan industri sebagai mitra diharapkan dapat memberikan masukan atas kebutuhan keterampilan di industri, serta masukan atas kekurangan keterampilan tenaga pengajar atau instruktur pelatihan.

"Untuk itu, industri perlu bergandengan tangan dengan pelaksana pelatihan dalam menciptakan link and match antara lulusan pelatihan dengan kebutuhan di industri," lanjutnya.

MoU dengan Alfamart merupakan perpanjangan kerja sama yang sudah dijalankan sejak tahun 2018, yakni terkait penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi untuk mempersiapkan SDM kompeten di bidang retail.

Sedangkan MoU dengan PT Kubota Indonesia berkaitan dengan kerja sama pengembangan pelatihan vokasi di bidang otomotif mesin diesel yang merupakan spesialisasi dari PT Kubota Indonesia.

Kemudian MoU dengan OLX Autos berkaitan penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetesi dan sertifikasi kompetensi SDM bidang otomotif, khususnya untuk penyiapan SDM sebagai petugas inspeksi kendaraan.

Adapun, MoU dengan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) merupakan kerja sama dalam rangka penyaluran dana insentif dalam proses dan/atau pasca pelatihan vokasi.

"Saya berharap nota kesepahaman bersama ini dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar terhadap tenaga kerja Indonesia," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA