Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Polri Tegaskan Papua NKRI Bukan Wilayah Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 07 Juni 2021, 20:49 WIB
Polri Tegaskan Papua NKRI Bukan Wilayah Perang
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono/Net
rmol news logo Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menegaskan seluruh wilayah di Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga, kata dia, tak ada pihak-pihak tertentu yang dapat menjadikan titik tertentu di Papua sebagai lokasi perang.

Penegasan Rusdi merespon pernyataan dan ancaman dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengenai peperangan dengan aparat TNI-Polri.

"Itu adalah NKRI, bukan wilayah mereka. Papua adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekali lagi itu sudah final," tegas Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/6).

Rusdi justru mempertanyakan pihak-pihak yang menyatakan Papua sebagai wilayahnya itu sendiri. Pasalnya, kata dia, hal tersebut tak dapat dilakukan karena Papua merupakan bagian dari Indonesia.

Dia mengatakan, Polri akan merespons setiap gangguan keamanan yang terjadi di wilayah Papua dalam beberapa waktu terakhir. Rusdi memastikan bahwa hal tersebut akan dapat ditangani dengan baik.

"Ketika melihat gangguan-gangguan seperti ini, TNI-Polri terus berupaya secara optimal, bagaimana gangguan itu bisa ditangani dengan baik," ucap dia.

"Yang jelas, masalah keamanan TNI dan Polri terus bekerja untuk tetap menjaga Papua," tambahnya.rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA