Farah.ID
Farah.ID

Komjen Arief Sulistyanto: Kalbar Bisa Jadi Contoh Penerapan PPKM Mikro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 27 Mei 2021, 11:38 WIB
Komjen Arief Sulistyanto: Kalbar Bisa Jadi Contoh Penerapan PPKM Mikro
Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto/Net
rmol news logo Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto memberi perhatian khusus pada wilayah Kalimantan Barat yang berbatasan darat dengan Malaysia.

Jenderal bintang tiga ini turun langsung meninjau penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro di wilayah bumi Khatulistiwa itu untuk memastikan kegiatan itu dilakukan konsiten dalam menekan angka penularan Covid-19.

Salah satunya Arief turun meninjau penerapan PPKM Mikro Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Keseriusan seluruh elemen pemerintah daerah serta forkopimda dalam menjalankan PPKM Mikro di wilayah Kalimantan Barat, termasuk di Kelurahan Sungai Jawi Dalam, patut mendapat apresiasi. Begitu juga dengan ketersediaan kamar isolasi serta pelayanan kesehatan yang memadai," kata Arief dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (27/5).

"Seluruh komitmen tersebut ditambah dengan tingginya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan membuat penularan Covid-19 di Kalimantan Barat sejauh ini relatif bisa ditekan," ujarnya.

Untuk diketahui data menunjukan Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah kasus kumulatif Covid-19 terendah di Indonesia. Hingga 26 Mei 2021, tercatat 10.367 kasus positif Covid-19.

Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan jumlah kasus terendah di Indonesia setelah Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Bengkulu, Jambi, dan Papua Barat.

Karenanya, Arief bahkan menyebut penerapan PPKM Mikro di Kalimantan Barat bisa menjadi contoh bagi wilayah lain di Tanah Air.

"Pola penerapan PPKM Mikro di Kalimantan Barat bisa dijadikan contoh bagi wilayah lain sebagai salah satu perwujudan membantu program pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19," katanya.

"Kita semua tentu berharap bahwa dengan adanya PPKM Mikro yang baik di setiap wilayah kelurahan, maka dapat berdampak pada upaya menekan angka penyebaran Covid-19 secara nasional," tambah mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri tersebut.

Lebih lanjut, Arief berharap seluruh pihak sama-sama berkomitmen mengatasi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Selain penerapan PPKM Mikro hingga ke level RT dan RW, Arief menyebut warga juga harus memiliki kesadaran menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Pandemi Covid-19 ini tidak terhindarkan dan nyata ada di hadapan kita. Karenanya, merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya. Penerapan PPKM Mikro merupakan salah satu caranya di mana program ini cukup efektif mengatasi dan mencegah penularan Covid-19 karena menyentuh sampai tingkat pemerintahan paling bawah, yaitu Kelurahan, RT, dan RW," ujar Arief.

"Saya berharap program ini bisa terus dipertahankan sembari tetap memberi edukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas sehari-hari," ujarnya.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA