Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arus Balik, Korlantas Polri Bakal Perketat Pengawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 19:12 WIB
Arus Balik, Korlantas Polri Bakal Perketat Pengawasan
Personel gabungan saat melakukan pemeriksaan di pos penyekatan larangan mudik/Net
rmol news logo Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen mengatakan puncak arus balik lebaran 2021 akan terjadi pada akhir pekan ini. Diprediksi akan ada 1,5 juta pemudik yang kembali di wilayah Jabodetabek.

"Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini (Sabtu) sampai besok (Minggu) karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/5).

Istiono mengatakan, mengacu pada data Kementerian Perhubungan ada 1,5 juta warga di wilayah Jabodetabek yang melakukan perjalanan. Oleh karena itu, pihaknya melakukan antisipasi untuk mengelola arus lalu lintas.

"Menurut data dari Kementrian Perhubungan masyarakat yang berasal dari jabodetabek yang ada di Jawa dan Sumatera saat ini 1,5 juta orang. Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya, oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri," ucapnya.

Istiono memaparkan pihaknya akan mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik.

"Untuk truk sumbu 3 keatas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri/non tol mulai dari Semarang sampai jakarta dari siang ini," jelasnya.

Selain itu, Korlantas bersama Satgas Covid-19 juga telah menyiapkan 109 titik check point untuk memeriksa seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek. Semuanya harus membawa surat Swab antigen atau PCR Swab test.

Bagi yang tidak membawa surat bebas Covid-19, akan dilakukan random check di lokasi yang ditentukan.

"Polri bersama Satgas Covid nasional dan daerah telah menyiapkan 109 titik check point, 26 di Rest area dan gate tol dan 83 dibtitik jalur arteri jalan nasional, dari jawa dan Sumatera menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid test antigen secara random yang dilaksanajan mulai hari ini," jelasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA