Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Tol Palimanan, Kakorlantas Pastikan Pos Penyekatan Siap Halau Pemudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 14 April 2021, 20:19 WIB
Tinjau Tol Palimanan, Kakorlantas Pastikan Pos Penyekatan Siap Halau Pemudik
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono/Ist
rmol news logo Korlantas Polri memastikan kesiapan titik-titik penyekatan untuk mencegah masyarakat mudik lebaran 2021 sesuai keputusan pemerintah tentang peniadaan mudik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, pihaknya dapat memastikan seluruh jalur siap dijaga ketat untuk mencegah pemudik.

“Hari ini kita laksanakan survey, saya bersama Dirut Jasa Raharja ada pak Dirlantas Polda Jabar ada Kapolresta Cirebon dan Kabag Ops, untuk melihat kesiapan titik-titik penyekatan yang akan dibangun,” kata Irjen Istiono di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/4).

Titik penyekatan awal jalur yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Barat yaitu di KM 31 tol Jakarta Cikampek. Di lokasi ini, Istiono mendapat pemaparan dari jajaran Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya terkait skema penyekatan peniadaan mudik.

Selanjutnya, di jalur arteri yaitu di pos tangguh Karawang, Kakorlantas juga mendapatkan penjelasan pos penyekatan mencegah pemudik.

Istiono mengaku puas dengan kesiapan anggota menghalau pemudik untuk diputarbalikkan sebagaimana peniadaan mudik yang ditetapkan pemerintah.

“Tadi sudah saya cek dari Jakarta, Bekasi, di mana titik penyekatan akan dilaksanakan. Beberapa titik jalur alternatif maupun jalur tikus yang sudah diantisipasi di masing-masih Polres dari Bekasi perbatasan kota, perbatasan kabupaten sudah dibangun dan dilaksanakan, dikelola dengan intansi terkait kemudian diatur tentang waktu jam jaganya semua telah teratur dengan bagus,” jelasnya.

Dia mengingatkan jalur-jalur alternatif perlu diwaspadai karena pemudik disebut akan melakukan berbagai upaya agar lolos.

“Dari Karawang pun, tadi setelah saya cek saya lihat, titik yang dibangun 14 titik. Termasuk jalur-jalur kecil, jalur atlernatif, jalur tikus juga sudah dilakukan pembangunan pos-pos penyekatan,” jelasnya.

“Hingga sampai di Pejagan ini, di Cirebon dibangun 9 titik penyekatan. Di tol 1 titik dengan 8 titik pos penyekatan di jalur arteri, termasuk jalur tikus. Kesiapan Polresta Cirebon sangat siap, dan all out untuk melakukan penyekatan pada lebaran 2021 ditiadakan,” sambungnya.

Kakorlantas juga mendengarkan paparan dari Kasatlantas Polres Brebes, Kasatlantas Polri Tegal, Kasatlantas Polres Pemalang, Kasatlantas Polres Pekalongan, Kasatlantas Polres Kendal. Mereka memaparkan skema penyekatan di tiap pos yang sudah disiapkan.

Lebih lanjut, Istiono menyampaikan operasi ketupat tahun 2021 ini merupakan operasi kemanusiaan dengan tindakan persuasif dan humanis yaitu dengan memutarbalikkan arah. Tujuannya adalah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Operasi Ketupat 2021 ini nanti dilaksanakan tanggal 6-17 Mei selama 12 hari. Operasi ini operaasi kemanusiaan, tindakan kita ialah persuasif humanis, hanya memutarbalik arah. Ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA