Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polres Tangsel Fasilitasi Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas, Kompolnas Ajak Jajaran Polri Mengikuti

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 22 Maret 2021, 18:36 WIB
Polres Tangsel Fasilitasi Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas, Kompolnas Ajak Jajaran Polri Mengikuti
Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin dan Sekretaris Kompolnas, Irjen (Pur) Benny Josua Mamoto, berfoto dengan disabiltas/RMOLBanten
rmol news logo Kepolisian resor (Polres) Tangerang Selatan telah merevitalisasi sarana prasarananya untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam pelayanan di jajaran wilayah hukum Polres Tangsel.

Tapi, bukan itu inovasi utama terkait dengan para penyandang disabilitas. Gebrakan paling inovatif dari Polres Tangsel adalah memfasilitasi penyandang disabilitas untuk membantu korps Bhayangkara melayani masyarakat.

Sejauh ini sudah ada lima penyandang disabilitas yang bekerja di jajaran wilayah hukum Polres Tangsel. Dua di antaranya aktif di Satreskrim dan Sie Humas Polres Tangsel.

Sedangkan, tiga orang lainnya ditempatkan di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di tiga Polsek wilayah hukum Polres Tangsel.

Gebrakan inovasi ini, mendapat apresiasi dari Sekretaris Kompolnas, Irjen (Purn) Benny Josua Mamoto saat mengunjungi Mapolres Tangsel, Senin (22/3).

"Ini program yang sangat bagus dan tentunya surprise bagi kami dari Kompolnas. Karena ini, satu terobosan, satu inovasi kepedulian kepada sesama," ucap Benny.

Dia menambahkan,"Kita semua tahu dengan segala kelebihan dan kekurangan ada saudara kita yang punya kekurangan. Nah, di sini Pak Kapolres melihat kelebihan apa yang bisa diberdayakan maka mereka direkrut kemudian diberikan pekerjaan sesuai dengan potensi yang mereka punya."

Benny menjelaskan, program ini dapat membantu pemerintah dan menambah lapangan pekerjaan. Dan, berharap jajaran Polri bisa mengikuti program ini agar penyandang disabilitas bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Kita berharap, inisiasi ini nantinya diikuti oleh jajaran polri yang lain di daerah daerah. Sehingga nanti saudara-saudara kita yang ada keterbatasan bisa juga berkontribusi di dalam tugas-tugas Polri," sambungnya.

Sementara itu, Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanudin menuturkan, salah satu dari program unggulan Kapolri itu adalah bagaimana mengakomodir potensi-potensi dari saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan dalam hal ini disabilitas.

"Sehingga kami dari Polres Tangerang Selatan segera menindaklanjuti dari program Pak Kapolri tersebut, dengan kami menerima saudara-saudara kita yang difabel atau disabilitas untuk bekerja di Polres Tangerang Selatan sebagai staf dan bersama-sama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kami," tutur Iman.

Lanjut Iman, nantinya jajaran anggota di Polres Tangsel juga akan diberikan pelatihan menggunakan bahasa isyarat agar bisa mempermudah berkomunikasi guna memaksimalkan pelayanan.

"Tadi ada masukan dari Komnas HAM dan Kompolnas untuk memberikan pelatihan kepada personel kami di Polres Tangsel untuk belajar bahasa isyarat, sehingga nanti pada saat memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas khususnya yang memiliki keterbatasan di dalam komunikasi, personel kami sudah siap melayani mereka. Kita akan memberikan pelatihan atau pembelajaran bagi personel khusus dalam hal bahasa isyarat," tutup Kapolres Tangsel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA