Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polresta Solo Siagakan 300 Personil Di Lokasi Pengambilan Nomor Urut Paslon Pilkada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 24 September 2020, 13:54 WIB
Polresta Solo Siagakan 300 Personil Di Lokasi Pengambilan Nomor Urut Paslon Pilkada
Kapolres Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak/Net
rmol news logo Polres Kota Surakarta siapkan 300 personil untuk persiapan pengamanan dalam rangka pengambilan nomor urut pasangan calon yang akan maju dalam pilkada Kota Solo 2020.

Pengambilan nomor urut bagi dua pasangan calon yang sudah ditetapkan KPU Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Suparjo, akan berlangsung hari ini Kamis (24/9) pukul 13.00 WIB di Hotel Sunan.

"Kita turunkan 300 personil yang dibackup personil TNI untuk pengamanan yang difokuskan di lokasi kegiatan," jelas Kapolres Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (23/9).

Menurut Ade Safri, fokus penganaan tidak hanya dilakukan di lokasi acara. Namun juga akses menuju hotel Sunan. Dengan adanya perubahan PKPU dengan penerbitan PKPU 13/2020 pasal 55 jelas menyebutkan bahwa ada pembatasan peserta yang hadir dalam acara pengundian nomor urut paslon.

Dalam pasal 55 lanjut Ade Safri, disebutkan dengan jelas bahwa yang boleh hadir dalam pengambilan nomor urut ini adalah pasangan calon. Di Solo ada 2 paslon, ditambah 1 orang LO dari masing-masing calon.

Ketiga adalah 5 orang komisioner KPU Kota Solo, ditambah 2 orang dari Bawaslu Surakarta.

"Kita pastikan dan kita koordinasi dengan KPU agar bisa dijalankan dengan baik. Disini Polri bersinergi dengan Bawaslu untuk mensosialisasikan dan menegakkan PKPU tersebut," lanjutnya.

Pihak Kepolisian juga mengantisipasi adanya iring-iringan, kerumunan dan juga konvoi akan diterjunkan tim khusus untuk melaksanakan operasi yustisi maupun penegakan Inpres 6/2020 dan Perwali 24/2020.

"Kita nanti juga ada tim mobiling untuk mengantisipasi dan memastikan tidak ada kerumunan, tidak ada keramaian iring-iringan maupun konvoi yang mengiringi paslon," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA