Serial 'Petualangan Si Unyil' dalam format animasi 3D ini diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu bentuk sinergi antar BUMN, dalam hal ini sinergi Telkom dan PFN,†kata Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo, usai Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Produksi Animasi & Digitalisasi Serial Si Unyil†dengan PFN di Jakarta, Rabu (17/2).
Indra Utoyo menambahkan, Telkom merasa bangga terlibat dalam proyek yang bisa dikatakan sebagai culture project. "Sebagai King of Digital Telkom mendukung penuh pengembangan industri kreatif di Indonesia,†terangnya
Dijelaskannya, kesertaan produksi film animasi Si Unyil disamping wujud sinergi BUMN, dimaksudkan mengupayakan lokal konten agar dapat menjadi tuan rumah di Indonesia dalam era Globalisasi ini.
Sementara itu Direktur Utama PFN Shelvy Arifin mengatakan, dengan semangat sinergi dan gotong-royong pihakya optimis serial ini akan menjadi tontonan dan tuntunan bagi anak Indonesia masa kini. Kedepannya, ada beberapa konsep bisnis pengembangan karakter Si Unyil, di antaranya aplikasi games, dan komik.
"Serial Animasi 3D Petualangan Si Unyil†ini nantinya mengambil tema peristiwa sehari-hari tetapi disajikan dengan cara cerdas dan berkadar humor tinggi sehingga anak-anak akan lebih banyak menikmati cerita yang kaya dari dunia mereka dengan rasa ke-Indonesia-an," ucapnya.
Selain Telkom dan PFN, pihak lain yang terkait dengan produksi Petualangan Si Unyil†diantaranya sejumlah rumah produksi animasi serta animator muda terbaik di Indonesia melalui Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI).
Serial animasi Petualangan Si Unyil†merupakan serial keluarga yang mengetengahkan nilai-nilai persahabatan, kesetiakawanan, dan keriangan dunia anak-anak melalui cara-cara sederhana. Rencana awalnya Petualangan Si Unyil†akan terdiri dari 13 episode masing-masing berdurasi 22 menit dan tiap episode terdiri dari dua cerita.
Meskipun sasaran penonton utamanya anak-anak, orangtua yang dulunya pecinta serial boneka Si Unyil juga menjadi target penonton yang berfungsi sebagai media atau jembatanâ€.
"Nantinya para orangtua ini diharapkan mengajak anak-anaknya kembali ke masa kecilnya dengan menonton Petualangan Si Unyil†Telkom melalui jaringan broadband dengan layanan video centric siap mengisi dengan konten-konten positif, salah satunya melalui Serial Animasi 3D Si Unyiĺ,†lanjut Indra.
Menurutnya konten untuk anak-anak harus dapat memberikan nilai positif, edukatif dan menarik.
Si Unyil merupakan serial televisi anak-anak yang pertama dibuat oleh Perum Produksi Film Negara. Serial Si Unyil ini disiarkan di TVRI pada 5 April 1981 hingga tahun 2002. sejak itu menjadi Serial Si Unyil salah satu bagian yang tak terpisahkan dari budaya Indonesia.
[zul]
BERITA TERKAIT: