Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM: Donald Trump Kembali Memperlihatkan Watak Aslinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 10 Desember 2015, 22:51 WIB
Komnas HAM: Donald Trump Kembali Memperlihatkan Watak Aslinya
Maneger Nasution
rmol news logo Komnas HAM menilai bakal calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memperlihatkan watak aslinya.

Di samping mengingkari sejarah bangsanya sendiri sebagai bangsa imigran, Donald Trump juga mempertontonkan sesat pikir kemanusiaan dengan imbauannya agar umar muslim dilarang masuk AS.

"Terang benderang sudah, rencana itu jelas menunjukkan Trump, di samping mengingkari filosofi Bangsa AS sebagai bangsa imigran, juga menjadi iklan buruk bagi Bangsa Amerika sendiri yang selama ini selalu mengklaim diri sebagai bangsa pendekar HAM," jelas komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution (Kamis, 10/12).

Sikap politik Trump ini di samping mencerminkan wajah politik fasisme yang bertolak belakang dengan HAM, juga bernuansa ujaran kebencian (hate speech) yang bertentangan dengan Pasal 20 ayat (2) ICCPR.

Kebijakan politik semacam ini akan menebar syiar kebencian dan berpotensi mengundang reaksi kebencian di dalam dan di luar Amerika.

"Bangsa Amerika yang selama ini selalu mengklaim diri sebagai 'kiblat' HAM harus membuktikan tidak akan bertekuk lutut lalu tunduk pada politik fasisme Trump. Tentu umat Islam di luar Amerika tidak mudah terprovokasi oleh hate speech Trump yang sesat pikir kemanusiaan itu," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA