Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

64 Juta Rakyat Tinggal di Daerah Rawan Banjir, 41 Juta Di Kawasan Longsor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 09 November 2015, 01:46 WIB
64 Juta Rakyat Tinggal di Daerah Rawan Banjir, 41 Juta Di Kawasan Longsor
rmol news logo Sebanyak 64 juta jiwa rakyat Indonesia tinggal di daerah rawan sedang-tinggi dari banjir. Mereka tersebar di 315 kabupaten/kota. Sementara itu, 41 juta jiwa warga masyarakat tinggal di daerah rawan sedang-tinggi longsor di 274 kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam pesan singkatnya Minggu malam (8/11).

Karena itu, dia menegaskan, pemerintah baik pusat maupun daerah segera mengantisipasi bencana banjir dan longsor seiring dengan mulai masuknya musin penghujan. "Pemerintah dan pemda harus melindungi masyarakat," tegasnya.

Makanya, perlu segera dilakukan rapat koordinasi teknis antisipasi banjir longsor. BNPB dan BPBD juga perlu segera menyusun rencana kontinjensi menghadapi banjir longsor yang memuat kebijakan, strategi, peta bencana, komando, upaya, pengerahan sumber daya, dan lainnya.

Rencana kontinjensi ini harus disepakati oleh semua pihak sehingga saat terjadi bencana dapat diaktivasi menjadi rencana operasi. Rencana kontinjensi akan memudahkan semua pihak melakukan upaya sesuai tupoksi masing-masing.

"Peringatan dini dari berbagai pihak seperti BMKG, PU Pera, Lapan dan lainnya dicermati sehingga dapat memperoleh informasi yang update. Sosialisasi dan gladi juga harus diintensifkan," imbuhnya.

Dia menambahkan, pola banjir dan longsor umunya berlangsung selama penghujan dan puncaknya dari Desember, Januari hingga Februari. "Banjir dan longsor sesungguhnya adalah bencana yang dapat diantisipasi karena dapat diprediksi dan dikenali sehingga korban dapat dihindari," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA