Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM: Kerusuhan di Aceh Singkil Coreng Wajah Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 14 Oktober 2015, 05:23 WIB
Komnas HAM: Kerusuhan di Aceh Singkil Coreng Wajah Aceh
manager nasution
rmol news logo Komnas HAM RI mengutuk keras bentrokan yang mengakibatkan pembakaran rumah ibadah di Aceh Singkil Selasa siang.

Kerusuhan tersebut dinilai bisa mencoreng wajah Aceh yang selama ini jarang terdengar ada kekerasan bernuansa SARA.

"Sependek pengetahuan saya, kasus intoleransi seperti ini jarang sekali terjadi. Saya kita ini baru yang pertama kali terjadi di daerah Aceh," ucap komisioner Komnas HAM Maneger Nasution (Rabu, 14/10).

Karena itu  dia menegaskan negara utamanya penegak hukum harus mengusut kasus bentrokan tersebut secara profesional, mandiri dan tuntas serta menghukum siapa pun pelakunya sesuai hukum yang berlaku.

Adanya insiden ini sungguh menjadi tantangan bagi negara terutama pemerintah daerah Aceh untuk hadir memenuhi hak-hak konstitusional warga negara khususnya hak beragama.

Untuk menjaga kedamaian di Aceh, umat beragama harus bersatu. Masyarakat Aceh juga harus  berkomunikasi, berkoordinasi dan membangun dialog agar tidak mudah di adu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Komnas HAM RI mendorong para pihak untuk kembali ke meja perundingan damai seperti yang sudah dimediasi oleh Komnas HAM," tandasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA