Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada, Kenaikan Harga BBM Bisa Berujung Chaos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 30 Maret 2015, 02:42 WIB
Waspada, Kenaikan Harga BBM Bisa Berujung Chaos
rmol news logo Kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar dapat menimbulkan kekacauan sosial dalam masyarakat. Karena efek domino kenaikan harga BBM tersebut adalah kenaikan harga bahan pokok, kenaikan ongkos moda transportasi publik, dan tarif logstik.

Hal itu disampaikan Ketua Jakarta Transportation Watch (JTW), Andy William Sinaga, (Senin, 30/3).

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut juga akan menimbulkan chaos dari operator sarana transportasi laut, sungai dan penyeberangan, dan juga para nelayan tradisional, dikarenakan tidak jelasnya ketentuan penentuaan tarif dan ongkos.
 
JTW memprediksi kekacauan sosial sebagai dampak kenaikan harga BBM bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, adalah membenturkan para pengguna transportasi dan operator transportasi.

"Kenaikan ongkos moda transportasi publik secara sepihak akan terjadi, dan masyarakat banyak akan terkena dampak dari kenaikan harga BBM tersebut," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mencatat adanya kenaikan signifikan harga onderdil di pasaran, sehingga dapat menimbulkan kekhawatiran akan penggunaan kanibalisasi onderdil bagi operator transportasi publik, seperti mikrolet, dan mikro bus di Jakarta yang diprediksi dapat meningkatkan angka kecelakaan di jalan raya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA