Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luar Biasa! Pohon Bambu Berbentuk Keris Tumbuh di Wonosobo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 26 Oktober 2014, 00:14 WIB
Luar Biasa<i>!</i> Pohon Bambu Berbentuk Keris Tumbuh di Wonosobo
foto:net
rmol news logo Desa Sedayu di Wonosobo, Jawa Tengah memiliki salah satu tempat wisata spiritual yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Di salah satu sudut desa ini dahulunya adalah tempat Mpu Supo membuat keris, dan dibekas tempat Mpu Supo membuat keris tumbuh rumpun bambu yang memiliki bentuk unik menyerupai keris.

Letak dusun yang masuk ke dalam Kecamatan Sapuran ini, tidak begitu jauh dari Kota Wonosobo. Warganya kebanyakan bekerja sebagai petani dan pedagang ternak. Entah karena pengaruh petilasan Mpu Supo atau bukan, masyarakat dusun setempat selalu adem ayem. Tidak pernah terjadi perkelahian antar warga, maupun membuat keonaran.

"Sedayu sendiri berasal dari kata sida ayem, atau menjadi damai. Sehingga sampai sekarang pun dusun tetap tentram. Tidak pernah terjadi peristiwa yang menghebohkan," jelas juru kunci petilasan Iswandi kepada RMOL, Sabtu sore (25/10).

Menurut Iswandi, Kyai Supo atau Mpu Supo yang hidup pada masa kerajaan Mataram adalah seorang ahli pembuat keris yang karena kesaktiannya dapat membuat keris dengan tangan kosong. Di tempat dia membuat keris mengalir air yang digunakan untuk mencuci keris buatannya, dan anehnya di tanah yang dialiri air tersebut tumbuh pohon bambu yang berkelok-kelok seperti keris.

Dijelaskannya pula, bila tunas bambu ditanam di luar area tanah yang berbentuk segita tiga dengan luas sekitar 100 meter persegi itu, maka tunas bambu akan tumbuh lurus saja seperti halnya bambu-bambu yang banyak ditemui di berbagai tempat di Indonesia

"Ini adalah fenomena alam yang luar biasa dan mungkin hanya di sinilah tumbuh pohon bambu berbentuk keris di dunia," ujar Iswandi.

Makam Mpu Supo sendiri tidak jauh dari lokasi rumpun bambu yang dipisahkan jalan kecil dan sering dikunjungi masyarakat untuk berziarah atapun semedi. Seperti halnya di tempat rumpun bambu tumbuh, pengunjung dilarang untuk meminta kekayaan dan nomor buntut. Yang diperbolehkan hanya permintaan untuk kepintaran, jabatan, pangkat, maupun ilmu.

"Itu pun permohonannya harus disampaikan kepada Tuhan. Dilarang keras meminta pada petilasan maupun di tempat bambu rengkol tumbuh," tegas Iswandi yang merupakan generasi ke sembilan juru kunci petilasan Mpu Supo.

Ada delapan kelompok rumpun pohon bambu yang terdapat di petilasan Mpu Supo. Dan yang menariknya, di dalam setiap ruas pohon bambu ini terdapat air yang sejuk.

"Air di dalam setiap ruas batang bambu jika diminum dapat membuat badan menjadi sehat," jelas Iswandi yang tampak memutih seluruh rambutnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA