Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JK Gagas Pembuatan Panduan Arsitektur Masjid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 23 Oktober 2014, 22:01 WIB
JK Gagas Pembuatan Panduan Arsitektur Masjid
ilustrasi/net
rmol news logo Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla menggagas langsung pembuatan panduan arsitektur masjid untuk memudahkan dan memfasilitasi masyarakat dalam mempersiapkan pendirian rumah ibadah tersebut.

Karena selama ini, belum ada petunjuk dan panduan yang memadai terkait bentuk dan arsitektur pembangunan masjid yang baik. (Baca: Untuk Kemaslahatan, JK Tetap Pimpin Dewan Masjid Indonesia)

Demikian diampaikan Juru Bicara DMI Hery Sucipto kepada RMOL dalam siaran pers yang diterima (Kamis, 23/10).

Terkait itu, DMI meluncurkan program pembuatan desain arsitektur dan interior masjid. Hal ini juga dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah 1 Muharam 1436 bertepatan dengan 25 Oktober 2014 mendatang.

"Kegiatan ini nantinya dilakukan dalam bentuk sayembara, bekerjasama dengan Islamic Syiar Network (ISN) dan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI). Desain nantinya juga akan dilengkapi dengan tata cara pembangunan masjid disesuaikan dengan lokasi dan karakter masyarakat setempat," jelas Hery.

Hery menambahkan, sayembara desain arsitektur masjid ini, selain menyediakan beberapa hadiah, juga untuk menunjang pelaksanaan program penataan kualitas akustik masjid yang kini tengah dilakukan oleh DMI.

"Hingga saat ini, sudah kurang lebih 2700 masjid ditata dan dibenahi kualitas sound system/akustik masjid," demikian intelektual muda Muhammadiyah jebolan Al Azhar University, Kairo, Mesir ini. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA