Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Misteri Halaman 468 di Buku SBY

Minggu, 09 Februari 2014, 15:44 WIB
Misteri Halaman 468 di Buku SBY
APAKAH Anies Baswedan, Jokowi, Prabowo, Rhoma Irama atau ada tokoh lain yang dituju SBY lewat artikel di halaman 486 bukunya itu?

Calon presiden pengganti SBY memang masih misteri hingga saat ini. Kendati sudah banyak tokoh mendeklarasikan diri atau di calonkan sebagai the next Presiden, rakyat negeri ini masih belum bisa menebak siapa yang akan memimpin negeri yang baru berusia 69 tahun ini.

Ada beberapa tokoh mencalonkan presiden datang dari kalangan muda dan bukan dari bagian dinasti penguasa sebelumnya. Alasannya, Indonesia perlu bebenah di dalam negeri dan meningkatkan daya saing di luar negeri.

Menurut golongan ini, semua bisa tercapai bila muncul pemimpin dari kalangan muda. Mirip seperti saat Bung Karno mulai memimpin negara ini, muda, kharismatik dan idealis. Jokowi dan Anies Baswedan kerap dijagokan para tokoh ini.

Namun ada juga tokoh yang mengedepankan pengalaman mumpuni calon presiden 2014-2019. Menurut kelompok ini, negara besar seperti Indonesia harus memiliki tokoh yang berpengalaman, berwawasan nasional dan internasional serta memiliki basis masa yang patuh.

Bagi kelompok kedua, presiden dengan ketokohan yang sudah berkibar layak untuk memimpin negeri yang sarat dengan kekayaan alam ini. Megawati, Prabowo, Jusuf Kalla, Gita Wirjawan dan Rizal Ramli kerap disebut-sebut kelompok ini.

Bila berkaca dari sejarah, negara-negara besar memulai kejayaannya memang saat di pimpin oleh pemimpin muda. Hayam Wuruk di Majapahit dan Soekarno adalah contoh yang paling dekat. Bahkan epos Mahabharata menempatkan Yudhistira raja muda Indraprasta sebagai pemimpin raja-raja.

Tanpa bermaksud berpromosi, buku SBY ini sangat layak dibaca karena sejak pemilihan presiden dipilih secara langsung oleh rakyat, baru SBY yang mampu mengangkat piala. Sehingga segala bentuk pemikiran, pendapat bahkan curhatnya merupakan pengetahuan bagus bagi rakyat negeri ini.

Halaman 468 hanya salah satu pesan tersirat bagi para calon pemimpin bangsa. Pada halaman ini SBY berbicara gamblang tentang hal yang sering diperdebatkan para pengamat politik tentang presiden Indonesia selanjutnya. Siapa yang dituju oleh SBY di halaman itu, mungkin anda lebih "tau" dari saya. [***]

@satriohendri

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA