Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kualitas Kesehatan di Jayapura Diklaim Membaik

Senin, 07 Januari 2013, 07:29 WIB
Kualitas Kesehatan di Jayapura Diklaim Membaik
ilustrasi/ist
rmol news logo . Memasuki tahun 2013, kualitas kesehatan di Kota Jayapura diklaim semakin baik. Hal ini terlihat dari angka kelahiran hudup yang naik 20,6 per 1000 kelahiran.

"Sedangkan angka kematian ibu karena melahirkan pada tahun 2012 tercatat 24,8 per 1000 kelahiran. Angka ini juga mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya," kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, di Jayapura (Senin, 7/1).

Ke depan, kata Tommy, angka kematian karena melahirkan akan ditekan dengan upaya menambah jumlah tenaga penolong persalinan (bidan) serta melengkapinya dengan sarana dan prasarana yang lebih baik lagi.

Terkait dengan status gizi bayi dan balita di kota Jayapura, lanjut Tommy, persentase gizi buruk sebanyak 2,1 persen, gizi kurang 12,5  persen, gizi baik 78 persen dan gizi lebih 4,8 persen. Sementara umur harapan hidup masyarakat kota Jayapura saat ini adalah 68,5 tahun.

"Kondisi itu juga mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan upaya pemkot untuk menurunkan angka gizi buruk dan gizi kurang akan terus digalakkan dengan memberikan makanan tabahan bagi bayi dan balita yang disalurkan memalui 170 Posyandu yang ada," katanya. [ant/ysa]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA