Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HARI OLAHRAGA NASIONAL

Menteri Andi Mallarangeng Mau Wujudkan Olahraga sebagai Gaya Hidup Modern

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Minggu, 09 September 2012, 09:15 WIB
Menteri Andi Mallarangeng Mau Wujudkan Olahraga sebagai Gaya Hidup Modern
andi mallarangeng/ist
rmol news logo . Peringatan Hari Olahraga Nasional harus mampu mewujudkan olahraga sebagai gaya hidup manusia Indonesia modern.

Demikian disampaikkan Menteri Olahraga Andi Mallarengeng saat menyampaikan sambutan dalam acara  peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXIX tahun 2012 di Kemenpora, Jalan Pemuda, Jakarta (Minggu, 9/9). Tema Haornas kali ini adalah "Bersatu, Budayakan Olahraga, Raih Puncak Prestasi".

Tema ini, kata Andi,  mencerminkan tekad kuat untuk bersatu dan bekerjasama membangun budaya olahraga untuk mewujudkan kejayaan prestasi olahraga kita di tingkat internasional. Andi pun mengajak seluruh instansi pemerintah dan swasta, para orang tua dan anak-anak untuk ikut berolahraga. Karena dengan berolahraga, hidup menjadi lebih sehat, gembira, dan kerja lebih produktif.

"Bila anak-anak sehat dan gembira kita akan mendapatkan jutaan bibit-bibit unggul sumber daya manusia Indonesia serta juga olahragawan yang nantinya menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia untuk berbagai cabang olahraga," ujar dia
 
Dalam menyiapkan bibit olahragawan berprestasi, kata Andi, pemerintah telah berupaya merevitalisasi sentra-sentra keolahragaan seperti Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) serta Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana olahraga mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa, menyediakan tenaga keolahragaan yang memiliki standard kompetensi yang memadai, serta meningkatkan tata kelola sentra olahraga yang lebih modern dan profesional.

Peringatan Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September 2012 ini bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau. Andi pun meminta menjadikan PON sebagai ajang peningkatan prestasi olahraga nasional.
"Kegiatan olahraga multievent ini diharapkan menjadi wahana lahirnya atlet-atlet prestasi yang dapat bersaing dan mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional," harap Politisi Demokrat ini.

Terakhir, Andi mengajak kepada kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menggerakkan masyarakatnya berolahraga melalui penyediaan sarana dan prasarana yang layak dan baik serta dapat mendirikan sekolah olahraga di setiap provinsi. "Diharapkan pula Pemerintah Daerah menganjurkan kegiatan-kegiatan olahraga di Hari Jum’at di instansi-instansi pemerintah, sekolah-sekolah dan lainnya. Saya mengharapkan setiap daerah memiliki cabang-cabang olahraga tertentu untuk menjadi olahraga unggulan daerah yang dibina secara serius, sistematis dan terukur sehingga mencapai prestasi nasional bahkan dunia," katanya.

Kepada segenap stakeholder olahraga, seperti, KONI, KOI, PB/PP, NPC, pelaku usaha dan masyarakat di seluruh tanah air, Ia juga mengajak untuk pertahankan sekaligus tingkatkan pencapaian prestasi terbaik di SEA Games, Asian Games maupun Olimpiade, termasuk juga prestasi atlet

"Oleh karena itu, kita semua harus kerja keras, membangun kebersamaan dan kekompakan, keuletan dan ketekunan, tekad dan spirit bersatu untuk memajukan prestasi olahraga di tingkat internasional. "Dirgahayu Hari Olahraga Nasional XXIX Tahun 2012," demikian Andi Mallarangeng. [ysa]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA