Pengaduan perbankan antara lain terkait pengaduan tentang alat pembayaran berbasis kartu (kartu kredit, kartu debit, dan
e-money) serta yang terkait dengan kredit dan simpanan (tabungan dan deposito).
Bank Indonesia memandang bahwa upaya terbaik untuk melakukan perlindungan nasabah perbankan adalah dengan melakukan edukasi secara terukur dan terarah. Melalui edukasi keuangan tersebut, diharapkan masyarakat akan dapat dengan bijak memilih produk dan jasa perbankan dengan filosofi 3 P, yaitu pastikan manfaatnya, pahami risikonya, serta perhatikan biayanya.
Selanjutnya, agar implementasi program edukasi dapat dilakukan secara lebih terukur dan terarah, Bank Indonesia bersama industri perbankan juga telah menyusun blueprint program edukasi perbankan yang merupakan acuan pelaksanaan edukasi secara individu maupun kolektif.
Salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendorong perlindungan nasabah adalah dengan menyediakan Menu Khusus Informasi dan Edukasi Konsumen dalam website Bank Indonesia yang telah diluncurkan pada tanggal 1 Juli 2011. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi yang terkait dengan jasa keuangan khususnya perbankan serta alat pembayaran.
Dengan demikian, masyarakat akan dapat melindungi dirinya sendiri dalam bertransaksi dengan perbankan sehingga pengaduan konsumen terkait perbankan dapat diminimalisir.
Pemilihan media edukasi melalui website juga didasarkan pada data dari Effective Measure (perusahaan riset asal Australia yang memiliki spesialisasi dalam pengukuran statistik web), yang menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia di tahun 2011 telah mencapai sekitar 39,1 juta orang (peringkat ke-8 di dunia) dimana 61,88 persennya dilakukan dengan mengakses melalui ponsel.
Pesatnya pertumbuhan penggunaan internet mobil di Indonesia, perlu ditangkap sebagai peluang yang sangat potensial untuk dapat melakukan edukasi keuangan secara lebih inklusif guna menjangkau kalangan masyarakat yang lebih luas.
Untuk mempermudah akses masyarakat, menu ini ditampilkan pada halaman muka website Bank Indonesia. Informasi yang ada dalam menu khusus tersebut antara lain penjelasan tentang produk dan jasa perbankan, transparansi produk, mekanisme pengaduan nasabah, mekanisme mediasi perbankan, simulasi perhitungan bunga dan bagi hasil, alat pembayaran dan transfer dana, informasi debitur, mengenal rupiah, serta tips yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam pemanfaatan produk keuangan dan alat pembayaran. Materi yang disampaikan dalam menu juga disesuaikan dengan beberapa target segmen pembaca seperti segmen dewasa dan anak.
Bagi masyarakat yang akan mengakses menu khusus ini, dapat memilih menu “Informasi dan Edukasi Konsumen†yang ada pada website Bank Indonesia atau dengan mengetik alamat.
*)
Peneliti Junior, Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan
BERITA TERKAIT: