Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rycko Menoza hingga Hanan A Rozak Dinilai Layak Pimpin Golkar Lampung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 20 Oktober 2024, 03:57 WIB
Rycko Menoza hingga Hanan A Rozak Dinilai Layak Pimpin Golkar Lampung
Ilustrasi/RMOL Network
RMOL.  Anggota DPR RI Hanan A Rozak dan Rycko Menoza disebut sebagai sosok yang paling layak untuk memimpin Partai Golkar Provinsi Lampung.

Akademisi Ilmu Pemerintahan, Universitas Lampung (Unila), Bendi Juantara mengatakan, setelah Arinal Djunaidi dipecat sebagai Ketua Golkar Lampung dan digantikan Pelaksana Tugas (Plt) Adies Kadir, ada dinamika baru di partai beringin itu.

Di mana, Adies Kadir diminta untuk memimpin hingga terpilih ketua baru lewat Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Lampung.

"Selain menyiapkan Pilkada 2024, Adies Kadir juga menyiapkan Musda. Tantangan Golkar lampung kedepan akan semakin dinamis, perlu kepemimpinan yang kuat dan mapan dalam keorganisasian," ujarnya, dikutip RMOLLampung, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Bendi Juantara melanjutkan, dari sejumlah tokoh, ada peluang besar untuk Rycko Menoza menjadi Ketua Golkar Lampung. Dia merupakan anak mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP yang pernah memimpin PDIP Lampung.

"Rycko punya prestasi elektoral setelah terpilih jadi anggota DPR RI. Bahkan mampu bersaing dengan kader Golkar lain," sambungannya.

Sementara itu, Akademisi Ilmu Pemerintahan Unila lainnya, Darmawan Purba, menilai Hanan A Rozak juga memiliki peluang yang sama. Sebagai tokoh senior di Golkar, pernah jadi kepala daerah dan dua periode di DPR RI.

"Hanan punya modal politik dan modal sosial dalam meraih dukungan dari pengurus Golkar kabupaten/kota," katanya.

Selain itu, Darmawan melanjutkan, jika ketua partai berasal dari DPR RI, maka akan lebih memudahkan komunikasi dengan DPP. Sehingga, dukungan arus bawah dan restu dari pusat memudahkan untuk dipertimbangkan menjadi ketua Golkar kedepan.

Meski begitu, Darmawan mengatakan bisa saja tokoh-tokoh yang fokus di Lampung menjadi ketua. Di antaranya, Sekretaris Golkar Lampung Ismet Roni, mantan Ketua Golkar Lampung tiga periode Alzier Dianis Thabranie, dan Wakil Ketua Abi Hasan Muan.

"Kalau pendekatan elektoral vote, kader Golkar di DPR RI lebih prospektif dan efektif memimpin parpol, namun bisa saja jika tokoh-tokoh seperti Alzier, Ismet Roni dan Abi Hasan menjadi pertimbangan, dengan asumsi memiliki relasi yang kuat dengan pengurus pusat," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA