Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Absen di Pelantikan Prabowo-Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 19 Oktober 2024, 14:02 WIB
Megawati Absen di Pelantikan Prabowo-Gibran
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani/RMOL
rmol news logo Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri dikonfirmasi tidak akan menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua MPR, Ahmad Muzani mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat undangan kepada Megawati. Namun karena alasan kesehatan, Ketua Umum PDIP itu tidak bisa hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 Minggu besok, 20 Oktober 2024.

"Beliau baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan. Perjalanan yang panjang menyebabkan Ibu (Megawati) kondisinya kurang fit dan flu, maka ibu memutuskan untuk beristirahat," kata Muzani di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Sebagai perwakilan, Megawati menginstruksikan seluruh anggota Fraksi PDIP DPR RI untuk hadir dalam pelantikan di Gedung DPR/MPR besok.

"Beliau telah menginstruksikan seluruh anggota Fraksi PDIP (berjumlah) 110 hadir dan menyukseskan acara besok. Mereka juga diperintah agar tidak ada yang keluar negeri," tutup Muzani.

Pada pelantikan besok, sebanyak 23 kepala negara atau wakil kepala negara sahabat juga dijadwalkan hadir, mulai dari Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, Papua Nugini, Serbia, Singapura, Kepulauan Solomon, Timor Leste.

Kemudian Vanuatu, China, Laos, Vietnam, Rusia, Qatar, Australia, Selandia Baru, Thailand, Jerman, Mesir, Turki, dan Arab Saudi.

"Kami mengundang Pak Jokowi pada 20 Oktober. Alhamdulillah Pak Jokowi Insyaallah berkenan untuk hadir pada hari Minggu yang akan datang," kata Muzani beberapa waktu lalu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA