Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Korban Kebakaran Tambora Butuh Pengungsian Layak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 17 Oktober 2024, 16:26 WIB
Warga Korban Kebakaran Tambora Butuh Pengungsian Layak
Kebakaran di Jalan Kalianyar IV, Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat/Ist
rmol news logo Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Gias Kumari Putra meminta Pemprov menyediakan tempat sementara atau pengungsian layak untuk korban kebakaran Tambora.

Menurut dia, kenyamanan para korban akibat amukan si jago merah itu harus menjadi prioritas. Khususnya bagi anak-anak dan orang lanjut usia (lansia) yang rawan terkena trauma.

“Yang penting warga bisa mendapat tempat nyaman, sehingga bisa beraktivitas,” kata Gias dikutip dari DPRD DKI Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2024.

Hal tersebut diungkapkan mengingat renovasi sekitar 30 rumah yang terbakar itu membutuhkan waktu. Sebab Pemerintah Kota (Pemkot) harus melakukan pendataan, proses administrasi, hingga proses pembangunan.

“Pemprov harus memikirkan hal ini, korban jangan ditempatkan di tenda pengungsian terlalu lama,” kata Gias.

Ia juga mendorong Pemprov DKI mempercepat pendataan dan berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk melaksanakan program bedah rumah.

“Saya minta kelurahan, kecamatan, serta walikota untuk melakukan permohonan itu (bedah rumah) kepada Baznas agar cepat dilakukan pembangunan kembali,” ungkap Gias.

Seperti diketahui, kebakaran terjadi pada Selasa (15/10), di Jalan Kalianyar IV, Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Kebakaran diduga karena kebocoran gas. Akibatnya, lahan seluas 2000 meter meter persegi dengan 30 rumah hangus.

Puluhan rumah terbakar itu terdiri dari 40 KK dan 160 jiwa. Total kerugian berkisar Rp10,5 miliar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA