Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Zaken Kabinet, Demokrat Sebut Parpol KIM Banyak Sosok Profesional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 24 September 2024, 19:57 WIB
Sambut Zaken Kabinet, Demokrat Sebut Parpol KIM Banyak Sosok Profesional
Politikus Partai Demokrat Yan Harahap/Net
rmol news logo Rencana Presiden Terpilih Prabowo Subianto membentuk zaken kabinet alias kabinet ahli yang diisi profesional sesuai bidangnya, disambut baik politikus Partai Demokrat Yan Harahap. 

Menurut Yan, hal tersebut tidak lantas menyingkirkan kader-kader partai politik (parpol) yang ikut dalam pemenangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 lalu. 

Yan menuturkan, parpol yang tergabung di dalam koalisi pengusung pasangan Prabowo-Gibran memiliki banyak sosok yang profesional atau ahli yang dapat menduduki kursi-kursi menteri di kabinet mendatang.

"Patut diapresiasi rencana Presiden RI terpilih Prabowo Subianto membentuk zaken kabinet. Zaken kabinet tak berarti menyingkirkan kader-kader parpol yang ‘telah berkeringat’, sebab dalam parpol yang tergabung di KIM pun banyak sosok profesional,” kata Yan dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (24/9). 

Yan menambahkan, parpol pun tidak akan menunjuk orang secara sembarangan untuk menduduki kursi menteri. Ia meyakini, parpol akan melihat portofolio dan latar belakang pendidikan kadernya sebelum diusulkan menjadi menteri. 

"Tentu setiap parpol akan dilihat dulu latar belakang pendidikan kader yang akan diusulkan sesuai atau tidak dengan kementerian yang akan diduduki. Parpol juga tidak akan sembarangan mengusulkan nama kadernya," ucap Deputi Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat ini.

Berangkat dari itu, Yan mendorong agar kabinet Prabowo mendatang diisi oleh orang-orang profesional dan memiliki keahlian sesuai dengan kementeriannya masing-masing. 

Menurutnya, langkah itu akan memudahkan upaya mewujudkan janji-janji politik, mempercepat kinerja pemerintahan, serta menyukseskan pemerintahan Prabowo mendatang.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, presiden terpilih Prabowo Subianto ingin membentuk zaken kabinet pada pemerintahannya.

Prabowo ingin para pembantunya di kabinet kelak adalah orang-orang yang memang ahli di bidang masing-masing.

"Pak Prabowo ingin ini adalah sebuah pemerintahan zaken kabinet. Di mana yang duduk adalah orang-orang yang ahli di bidangnya, meskipun yang bersangkutan berasal atau diusulkan dari parpol (partai politik)," ujar Muzani pada Senin (9/9).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA