Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA BANTEN 2024

Survei: Airin-Arief Kalahkan Andra-Dimyati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 23 Agustus 2024, 17:44 WIB
Survei: Airin-Arief Kalahkan Andra-Dimyati
Hasil survei Alvara Strategi Indonesia terkait Pilkada Banten 2024/Repro
rmol news logo Airin Rachmi Diany masih menjadi calon Gubernur Banten terkuat dibanding calon lain yang bermunculan.
HUT 79 RI

Merujuk survei terbaru Alvara Strategi Indonesia, elektabilitas Airin paling tinggi sebagai calon Gubernur Banten dengan 46,8 persen. Urutan kedua ada nama Arief Wismansyah 24,1 persen.

"Posisi ketiga ada Rano Karno dengan 8,7 persen. Sedangkan Andra Soni yang memiliki dukungan partai politik terbanyak hanya meraih elektabilitas 6,4 persen dan Achmad Dimyati 3,1 persen," urai Chief Research Officer Alvara Strategi Indonesia, Harry Nugroho, Jumat (23/8).

Nama cagub lain yang masuk survei ada Iti Jayabaya dengan 3,1 persen. Menyusul ada Ade Sumardi dengan 0,4 persen dan Ari Untung 0,1 persen. Sementara responden yang belum memutuskan pilihannya ada 7,3 persen.

Alvara Strategi Indonesia juga melakukan survei terhadap nama-mana tersebut saat diposisikan sebagai calon Wakil Gubernur Banten. Hasilnya, Arief Wismansyah berada di puncak dengan elektabilitas 28,9 persen. Posisi kedua ada Airin dengan 18,3 persen.

Andra Soni posisi ketiga dengan 14,2 persen. Diikuti Rano Karno dengan 8,8 persen, Achmad Dimyati 7,3 persen, Iti Jayabaya 4,2 persen, Ade Sumardi 2,3 persen, dan Ari Untung 1,5 persen.

Adapun saat para tokoh tersebut dipasangkan, duet Airin-Arief paling tinggi dengan 72,4 persen. Sementara duet Andra-Dimyati yang didukung Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) memperoleh elektabilitas 11,3 persen.

"Untuk elektabilitas calon Gubernur Banten nama Airin paling tinggi dan calon Wakil Gubernur paling tinggi Arief Wismansyah. Keduanya menjadi yang tertinggi dibanding calon lain yang sudah mendapatkan tiket partai politik," lanjut Harry.

Harry berujar, survei tersebut dilakukan pada 13-19 Agustus 2024 melalui wawancara tatap muka dan telesurvei kepada 815 responden berusia 17 tahun ke atas.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,43 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA