Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Umumkan Cakada Aceh hingga Papua Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 19:25 WIB
Megawati Umumkan Cakada Aceh hingga Papua Pekan Ini
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri/Ist
rmol news logo Sejumlah calon kepala daerah yang akan diusung PDIP pada Pilkada 2024 akan segera diumumkan pekan ini.

Rencananya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan langsung para kandidat cakada di sejumlah daerah pada Rabu (14/8).

“Jadi hari Rabu 14 Agustus nanti kami akan mengumumkan, Megawati akan mengumumkan cakada dan wakilnya gelombang pertama,” kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (11/8).

Hasto belum dapat merinci daerah mana dan siapa akan jadi kepala daerah yang akan diumumkan.

“Pijakan PDIP ini kan Indonesia untuk Indonesia Raya. Maka yang diumumkan itu nanti merepresentasikan Indonesia kita. Ada yang dari Aceh, Papua, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, pokoknya Kalimantan lengkap,” demikian Hasto.

Merujuk Peraturan KPU 2/2024, Pilkada Serentak dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024. Sebelum pencoblosan, ada beberapa tahapan penting yang harus dilalui, baik dalam persiapan maupun penyelenggaraan pemilihan.

Pengumuman pendaftaran paslon akan dilakukan pada 24 sampai 26 Agustus 2024. Kemudian pendaftaran paslon ke KPU RI akan dilakukan pada 27 sampai 29 Agustus 2024.

Persyaratan calon akan diteliti penyelenggara pemilu pada 27 Agustus sampai 21 September 2024. pada 22 September 2024, KPU RI akan mengumumkan penetapan pasangan calon yang akan berkontestasi.

Kemudian pada 25 September hingga 23 November 2024, pasangan calon akan melakukan kampanye. Adapun pemungutan suara akan dilakukan pada 27 November 2024.

Sementara penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara akan dilakukan pada 27 November sampai 16 Desember 2024. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA