Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Wassalam, Partai Pendukung Lompat ke KIM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 11 Agustus 2024, 08:08 WIB
Anies <i>Wassalam</i>, Partai Pendukung Lompat ke KIM
Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Anies Baswedan terancam tidak dapat tiket untuk mencalonkan diri dalam Pilkada 2024 sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang semula memberikan dukungan, kini terlihat semakin condong untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Tinggal nunggu waktu saja tiga partai mengumumkan gabung KIM," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Minggu (11/8).

Jika Anies kehilangan dukungan dari ketiga partai tersebut, peluangnya untuk kembali memimpin Jakarta menjadi sangat kecil. 

Apalagi, KIM yang didukung oleh sejumlah partai besar memiliki pengaruh yang signifikan dalam menentukan arah dukungan politik di pilkada mendatang.

"Itu artinya, Anies wassalam," sambung Analis politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Kondisi ini tantangan besar untuk Anies. Setelah menjabat sebagai gubernur Jakarta periode 2017-2022, dukungan partai politik menjadi krusial untuk bisa melanjutkan visi dan program yang telah dirintisnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA