Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemungkinan Nasdem Batal Dukung Anies Bukan Hal Mengagetkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 02 Agustus 2024, 12:03 WIB
Kemungkinan Nasdem Batal Dukung Anies Bukan Hal Mengagetkan
Analis Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio/Net
rmol news logo Bukan hal yang mengagetkan jika Partai Nasdem kemudian batal mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Analis Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, hasil survei terkait elektabilitas Anies di Pilkada Jakarta juga belum pernah menyentuh angka 50 persen.

"Per hari ini enggak kaget jika partai politik akhirnya turun naik ke Mas Anies, karena surveinya juga enggak sampai 50 persen, jadi pasti parpol pun menimbang-nimbang," ujarnya kepada RMOL, Jumat (2/8).

Sosok yang akrab disapa Hensat itu menduga, partai-partai seperti Nasdem, PKS, dan PKB menyadari bahwa Anies merupakan tokoh nasional sehingga tak pantas lagi untuk diusung di level daerah.

Ia pun menilai situasi Anies saat ini tidak ideal. Sebab, keputusan satu parpol mendukung Anies saat ini juga berpengaruh untuk dinamika politik di tahun 2029.

Oleh karena itu, Founder Lembaga Survei Kedai Kopi itu menyebut, Anies akan ideal untuk maju Pilkada Jakarta jika diusung dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Namun itu hanya bisa terjadi jika Anies memiliki perjanjian tertentu dengan KIM, karena saya tak menemukan alasan mengapa Prabowo dan Jokowi mempersilahkan Anies maju sebab ini semua untuk 2029 kan," ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA