Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Caleg Sering Dilupakan Pemilih Akibat Pilpres dan Pileg Serentak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 25 Juli 2024, 13:27 WIB
Caleg Sering Dilupakan Pemilih Akibat Pilpres dan Pileg Serentak
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid/RMOL
rmol news logo Usulan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk memisahkan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tahun 2029 mendapat dukungan dari Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW).

Menurut HNW, pemisahan Pilpres dan Pileg ini penting karena caleg (calon legislatif) sering terlupakan dalam Pemilu Serentak. Sebab  mayoritas masyarakat terarah ke Pilpres.

HNW menyebut, usulan serupa pernah dia sampaikan saat pimpinan MPR bertemu dengan Presiden PKS dan Ketua Umum Partai Demokrat.

"Selain caleg kerap terlupakan dalam pemilu serentak, pemisahan itu juga lebih sesuai dengan UUD NRI 1945," tulis HNW seperti dikutip redaksi melalui akun X miliknya, Kamis (25/7).

Usulan pemisahan Pilpres dan Pileg ini menjadi salah satu topik diskusi utama dalam lingkup politik nasional, mengingat dampaknya yang signifikan terhadap proses pemilihan umum di Indonesia. 

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari HNW, menunjukkan adanya kesadaran untuk terus memperbaiki sistem pemilu demi terciptanya pemerintahan yang lebih baik dan sesuai dengan konstitusi.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA