Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LMND Ingatkan Pemerintah soal Pengangguran Gen Z Tembus 9,89 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 23 Juli 2024, 07:01 WIB
LMND Ingatkan Pemerintah soal Pengangguran Gen Z Tembus 9,89 Juta
Perayaan HUT ke-25 Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) di Hotel Horizon, Jakarta/Ist
rmol news logo Pemerintah harus serius dalam pembangunan manusia Indonesia. Indonesia dihadapkan pada situasi penduduk yang didominasi oleh anak muda produktif.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Muhammad Asrul saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 LMND di Hotel Horizon, Jakarta yang dikutip Selasa (23/7).

"Indonesia diperhadapkan pada situasi dimana usia angka produktif penduduknya sekitar 70,72 persen yang didominasi oleh milenial dan Gen Z. Namun di sisi lain angka pengangguran Gen Z sebesar 9,89 juta," kata Asrul.

Selain itu, terdapat masalah pengangguran karena angka putus sekolah yang tinggi, dan kesehatan masyarakat. Hal-hal tersebut harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia.

"Selain tingkat pengangguran, persoalan angka putus sekolah di setiap jenjang pendidikan juga menjadi persoalan tersendiri," kata Asrul.

"Belum lagi persoalan stunting, bayi meninggal setiap tahun 7.000 akibat kelainan jantung serta kurangnya tenaga dokter di Indonesia, dimana rasio perbandingan per 1000 penduduk yakni 0,71 persen," sambungnya.

Di sisi lain, Asrul melihat kekurangan tenaga dokter disebabkan biaya pendidikan dokter begitu mahal dan kurangnya perguruan tinggi membuka jurusan/fakultas kedokteran dibeberapa daerah di Indonesia.

Perayaan HUT LMND turut dihadiri organisasi-organisasi mahasiswa Cipayung Plus, perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Basis Rakyat serta alumni LMND.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA