Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airin Masih Kuat Meski Tanpa Dukungan Mayoritas Parpol KIM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 10 Juli 2024, 19:46 WIB
Airin Masih Kuat Meski Tanpa Dukungan Mayoritas Parpol KIM
Bakal calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany/RMOL
rmol news logo Peluang Airin Rachmi Diany memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 dinilai masih cukup kuat, meskipun berpotensi ditinggal mayoritas partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos berpandangan, Airin yang baru didukung Partai Golongan Karya (Golkar) untuk maju pada Pilgub Banten, bukan berarti tidak punya peluang memenangkan kontestasi.

Meskipun faktanya kini, menurut Subiran, Partai Gerindra dan sejumlah parpol KIM telah mendeklarasikan mendukung duet Andra Soni dan Dimyati Natakusumah sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024.

"Meskipun ada tujuh partai berpotensi besar mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di Banten, tapi kita tahu bahwa secara elektoral Airin merupakan tokoh yang cukup kuat dan mengakar secara elektoral," ujar Subiran kepada RMOL, Rabu (10/7).

Dia menjelaskan, secara kecukupan pencalonan di kondisi sekarang ini, Airin memang ketinggalan dibanding Andra-Dimyati. Tetapi masih ada dua parpol yang belum menyatakan arah dukungannya, yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Sosok yang kerap disapa Biran itu menyebutkan, Golkar mendapat 14 kursi di DPRD Banten pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Jika ditambah PDIP yang memperoleh 14 kursi dan Partai Demokrat yang punya 11 kursi, Biran meyakini Airin tetap bertaji di Pilgub Banten. Meskipun secara kuantitas kalah dari parpol koalisi yang mendukung Andra-Dimyati.

"Yang tidak kalah penting, Airin tidak hanya kuat di basis bawah tetapi juga memiliki trah darah biru dalam lanskap politik Banten. Di mana keluarga politik Airin selama ini dikenal sebagai penguasa politik di Banten," tuturnya.

"Selain sudah punya pengalaman menjadi Wali Kota Tangsel dua periode, Airin juga secara organisasi politik merupakan Ketua Perempuan Golkar yang artinya jejaring kepartaian juga kuat dan mengakar alias kader militan partai," tambahnya.

Saat ini, duet Andra-Dimyati didukung 7 parpol. Yakni Gerindra (14 Kursi), PKS (13 Kursi), PAN (7 Kursi), Nasdem (10 Kursi), PSI (3 Kursi), PKB (10 Kursi), dan PPP (4 Kursi). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA