Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AHY Dilantik, Jokowi Isyaratkan Tak Terkait Konflik Mega dan SBY

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 21 Februari 2024, 07:34 WIB
AHY Dilantik, Jokowi Isyaratkan Tak Terkait Konflik Mega dan SBY
Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo dinilai ingin sampaikan pesan cuci diri dari konflik masa lalu Megawati Soekarnoputri dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terkait rencana pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY sebagai menteri.

Seperti ramai dikabarkan, AHY bakal dilantik sebagai menteri ATR/BPN, menggantikan Hadi Tjahjanto yang diproyeksi mengisi kursi Menko Polhukam, menggantikan Mahfud MD, Rabu (21/2).

"Kalau untuk mengisi kekosongan, saya (AHY) kira cocok-cocok saja. Tapi kalau benar AHY diberi kursi menteri, artinya Jokowi ingin menyampaikan dua simbol politik sekaligus," kata komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu pagi (21/2).

Pertama, kata dosen di Universitas Dian Nusantara itu, bahwa Jokowi mengapresiasi sikap politik Partai Demokrat, terutama SBY, yang terlihat all out memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kedua, cuci diri dari konflik masa lalu antara Megawati dan SBY. Dengan memberi kursi menteri ke AHY, secara tidak langsung Jokowi mengumandangkan bahwa dia tidak ada keterkaitan politis lagi dengan Megawati, dan itu sinyal bagi PDIP, bahwa mau tak mau harus jadi oposisi di pemerintahan Prabowo-Gibran," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA