Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Indikator: Prabowo-Gibran 45,79 Persen, Amin Tinggalkan Ganjar-Mahfud

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 18 Januari 2024, 12:34 WIB
Survei Indikator: Prabowo-Gibran 45,79 Persen, Amin Tinggalkan Ganjar-Mahfud
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka/Ist
rmol news logo Elektabilitas pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih menempati posisi teratas dibanding dua rivalnya, Anies-Muhaimin (Amin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Demikian temuan survei terbaru Indikator Politik Indonesia bertajuk “Dinamika Elektoral di Tingkat Nasional dan 13 Provinsi Kunci” yang dirilis pada hari ini melalui daring, Kamis (18/1).

“Prabowo-Gibran unggul signifikan dari Anies-Muhaimin dan Ganjar- Mahfud,” kata Direktur Eksekutif lndikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, saat paparan hasil survei.

Pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 45,79 persen. Sedangkan pasangan Amin mendapatkan 25,47 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan 22,96 persen.

Namun begitu, masih ada responden yang memilih untuk Tidak Tahu (TT) atau Tidak Jawab (TJ) sebesar 5,78 persen.

“Di akhir tahun 2023, Prabowo-Gibran trennya menguat, Anies-Muhaimin relatif stagnan, dan Ganjar-Mahfud cenderung menurun,” kata Burhanudin.

Survei Indikator Politik Indonesia ini digelar pada medio 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024. Survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling dan melibatkan sebanyak 1.200 responden yang berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Kemudian, dilakukan oversample di 13 Provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Sehingga total sampel sebanyak 4.560 responden.

Dengan asumsi metode stratified random sampling, ukuran sampel basis 4560 responden memiliki toleransi kesalahan Margin of Error (MoE) sekitar ±2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA