Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siti Zuhro: Baru di Indonesia Relawan Dipelihara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 04 Januari 2024, 17:57 WIB
Siti Zuhro: Baru di Indonesia Relawan Dipelihara
Anggota Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM), Profesor Siti Zuhro/RMOL
rmol news logo Mendekati pesta demokrasi 2024, semakin banyak bermunculan relawan yang mendeklarasikan dukungan terhadap paslon tertentu.

Fenomena relawan ini pun disorot anggota Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM), Profesor Siti Zuhro, saat jumpa pers di Aula JKC, Jalan Warung Jati Barat No. 30, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (4/1).

"Tentang dukung mendukung itu wajar. Ada relawan contohnya seperti Obama, ada kelompok komunitas yang (punya slogan) Yes, We Can, tapi selesai pemilu, relawannya juga selesai," kata Siti Zuhro.

Tetapi menurut Siti Zuhro yang juga Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), fenomena relawan di Indonesia sangat berbeda dibandingkan negara lain.

"Di Indonesia ini relawan dipelihara untuk berlama-lama. Ini yang malah menimbulkan malapetaka atau bencana untuk Indonesia dan dampaknya pada fungsi partai," jelasnya.

Peran relawan yang sejatinya inisiasi masyarakat secara sukarela untuk menyuarakan hak berpartisipasi dalam berdemokrasi justru merugikan partai politik.

"Partai politik tidak bisa berjalan maksimal karena beberapa fungsinya sudah diambil oleh para relawan itu," pungkas Siti Zuhro.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA