Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Wahyu Dewanto: Jakarta Bisa Tiru Bonn

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 21 Desember 2023, 09:50 WIB
Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Wahyu Dewanto: Jakarta Bisa Tiru Bonn
Pansus Jakarta Pasca-pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) DPRD DKI Jakarta menyambangi Kota Bonn, Jerman, untuk melakukan studi banding/Ist
rmol news logo Panitia Khusus (Pansus) Jakarta Pasca-pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) DPRD DKI Jakarta menyambangi Kota Bonn, Jerman, untuk melakukan studi banding.

Pansus IKN diterima Konjen RI Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro yang didampingi oleh Fungsi Konsuler.

"Kunjungan Pansus IKN ke Bonn guna mengkaji dampak perpindahan ibu kota Republik Federal Jerman," kata Anggota Pansus IKN Wahyu Dewanto yang dikutip dari laman Facebook pribadinya, Kamis (21/12).

Wahyu melihat Kota Bonn merupakan salah satu contoh sukses dalam tata kelola transisi pemerintahan dari status sebagai ibu kota negara menjadi kota yang berkembang pesat.

"Kesuksesan Bonn dalam transisi pemerintahan dari ibu kota negara memanfaatkan beberapa faktor di antaranya warisan sejarah, fokus pada pendidikan, investasi keberlanjutan dan keterlibatan dalam diplomasi internasional," kata politikus Partai Gerindra ini.

Diketahui, Bonn adalah sebuah kota di tepian Sungai Rhein di Negara Bagian Nordrhein-Westfalen, Jerman. Kota ini pernah menjadi ibu kota sementara Jerman Barat sejak tahun 1949 sampai 1990 dan menjadi pusat pemerintahan resmi Jerman bersatu sejak tahun 1990 sampai 1999.

Bonn terletak di bagian selatan Rhine-Ruhr, daerah metropolitan terbesar di Jerman, tepatnya 20 kilometer sebelah selatan Koln. Bonn merupakan rumah bagi dua perusahaan utama yang terdaftar di DAX Jerman.rmol news logo article




Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA