Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenhub Buka Posko Terpadu Demi Kelancaran Angkutan Nataru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 19 Desember 2023, 18:18 WIB
Kemenhub Buka Posko Terpadu Demi Kelancaran Angkutan Nataru
Kementerian Perhubungan membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)/Ist
rmol news logo Kementerian Perhubungan membuka Pos Koordinasi (Posko) Pusat Terpadu Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Posko itu, dibuka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (19/12).

Posko Pusat Terpadu yang berlangsung mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, digelar untuk memastikan kelancaran serta memudahkan koordinasi lintas sektoral dalam penyelenggaraan angkutan Nataru.

"Melalui posko ini, kita ingin mensinergikan dan mengkolaborasikan tugas yang ada di lingkungan Kemenhub, juga dari stakeholder lain seperti TNI, Polri, operator transportasi, dan unsur terkait lainnya," ujar Budi Karya.

Dikatakan Budi Karya, potensi pergerakan nasional pada Nataru 2023/2024 mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Kata dia, pergerakan Nataru adalah satu fenomena sosial budaya dan keagaman. Sehingga, fenomena itu adalah ujian semester kedua, setelah semester pertama yaitu mudik lebaran.

"Kita harus sama siaganya dengan saat lebaran. Kita sudah mengantisipasi lonjakan-lonjakan dan kita juga mengevaluasi angkutan Nataru tahun 2022/2023, alhamdulilah lancar, aman terkendali," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi Karya mengungkapkan, pada masa libur Nataru akan didominasi oleh pengendara motor. Dia mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh demi keselamatan.

"Kami dengan Pak Kakorlantas selalu mengimbau saudara kita yang menggunakan sepeda motor untuk mengurungkan niatnya apalagi jaraknya jauh, dan seyogyanya BUMN dan swasta bisa mengadakan mudik gratis," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA