Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rapat INSA, Menhub: Kita Punya Visi Menjadikan Indonesia Hub Laut Asia Tenggara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 16 Desember 2023, 16:43 WIB
Rapat INSA, Menhub: Kita Punya Visi Menjadikan Indonesia Hub Laut Asia Tenggara
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rapat Umum Anggota (RUA) INSA ke-18 Tahun 2023 bertema "INSA Siap Hadapi Tantangan Menuju Indonesia Maju", Jumat (15/12)/Ist
rmol news logo Anggota Indonesia National Shipowners Association (INSA) harus proaktif untuk menjadikan Indonesia sebagai hub laut di Asia Tenggara. Dengan menjadi hub, biaya logistik akan lebih kompetitif sehingga akan meningkatkan daya saing Indonesia.

Begitu dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rapat Umum Anggota (RUA) INSA ke-18 Tahun 2023 bertema "INSA Siap Hadapi Tantangan Menuju Indonesia Maju", Jumat (15/12).

"Kita punya visi bersama untuk menjadikan Indonesia sebagai hub laut di Asia Tenggara. Upaya ini tidak mudah, tetapi kawasan Indonesia sangat besar, sehingga sangat memungkinkan," ujar Budi Karya.

Budi Karya mengatakan, anggota INSA memegang peranan besar dalam pengelolaan pergerakan kapal, termasuk di dua pelabuhan besar Indonesia yaitu Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Dia berharap, ke depan INSA terus berupaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan melakukan kolaborasi mendalam dengan para stakeholder, dan aktif memberi masukan kajian profesional kepada Kemenhub.

"Kami selaku regulator juga akan terus berupaya meningkatkan iklim investasi menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenkomarves Jodi Mahardi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Prihadi.

Serta Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Gramada Baay, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartomo, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto, dan Plt. Ketua Umum Kadin Yukki Nugrahawan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA