Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses di Solo, Gibran Ingin Aplikasikan PLTSa di Kota Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 08 Desember 2023, 16:59 WIB
Sukses di Solo, Gibran Ingin Aplikasikan PLTSa di Kota Lain
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka/Net
rmol news logo Pemecahan masalah sampah yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah diharapkan bisa diaplikasikan di kota lain di Indonesia.

Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menuturkan, salah satu langkah pemecahan masalah sampah di Kota Solo adalah dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

"Kami baru saja meresmikan pembangkit listrik tenaga sampah. Kita harapannya permasalah sampah di Solo dapat terselesaikan," kata Gibran dikutip dari kanal YouTube Kumparan, Jumat (8/12).

Walikota Solo ini berujar, pembangunan PLTSa Solo diproyeksikan bisa menjawab masalah di kota-kota lain. Proyek PLTSa itu pun diyakini tidak hanya menyelesaikan masalah gunungan sampah, namun akan memberikan energi listrik hingga 8 megawatt.

"Dan semuanya zero waste, itu yang paling penting. Kan sekarang masalah yang paling mendasar di semua kota pasti kemacetan, sampah, polusi. Ya kita selesaikan satu per satu," jelasnya.

Gibran menjelaskan, selain menghabiskan gunungan sampah, kehadiran PLTSa juga menekan masalah bau sampah dan risiko kebakaran. Bahkan teknologi PLTSa terbukti menarik pemerintah kota lain untuk turut mempelajarinya.

"Banyak yang udah belajar ke sini kok, Walikota Tangerang dan lain-lain karena ingin melihat ini, teknologi yang kita pakai itu efektif apa enggak," tutup Gibran. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA